Puskesmas dan Ormas Berprestasi Garut Peroleh Penghargaan

0
86 views
Kadinkes Garut, dr H. Teni S. Rifai Bersama Kepalka Puskesmas Cisewu, Wiati Kartini, AM. Keb,SKM, M.Si yang pada 2016 Mendapat Penghargaan Kategori Khusus TK. Provinsi Jabar 2016, Juga Juara III TK. Nasional Puskesmas Terpencil.

“Sehat, Bugar, Produktif Berbasis Masyarakat

Garut News ( Senin, 20/11 – 2017 ).

Kadinkes Garut, dr H. Teni S. Rifai Bersama Kepala Puskesmas Cisewu, Wiati Kartini, AM. Keb,SKM, M.Si yang pada 2016 Juga Mendapatkan Penghargaan Kategori Khusus TK. Provinsi Jabar 2016, Juga Juara III TK. Nasional Puskesmas Terpencil.

********** Puskesmas, individu, serta Organisasi Masyarakat dinilai berprestasi bidang kesehatan di Kabupaten Garut Tingkat Provinsi Jawa Barat, dan Tingkat Nasional.

Mendapatkan piagam penghargaan pada Upacara Bendera Peringatan “Hari Kesehatan Nasional” (HKN) ke-53 tingkat kabupaten setempat 2017, Senin (20/11-2017).

dr Tri Cahyo Nugroho.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada “Dinas Kesehatan” (Dinkes) Kabupaten Garut, dr Tri Cahyo Nugroho selaku Ketua Panitia HKN ke-53 katakan, penghargaan masing-masing diberikan kepada UPT Puskesmas Cibatu sebagai Juara I Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017, dengan Kriteria Puskesmas Kawasan Pedesaan.

Kemudian UPT Puskesmas Peundeuy Sebagai Juara II Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017, Berkriteria Puskesmas Kawasan Terpencil.

dr H. Asep Sani, M.Kes.

Serta UPT Puskesmas Cisewu Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi Kategori Khusus Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017 ini.

Penghargaan juga diberikan kepada Risrina Nur Ekawati, M.Farm, Apt yang lulus cumlaude IPK 3,91 pada program Magister Farmasi dengan jalur tugas belajar di Universitas Padjadjaran.

Serta H. Agus Dinar, S.Kep, MKM juga lulus cumlaude dengan IPK 3,78 pada program Magfister Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan jalur tugas belajar di Universitas Padjadjaran.

Ny. Hj. Tien Martini.

Sedangkan Organisasi Masyarakat yang mendapatkan penghargaan, antara lain Ketua Forum Masyarakat Madani, Ny. Hj. Tien Martini yang secara aktif mengambil peran dalam sosialisasi keselamatan ibu hamil, ibu bersalin, dan ibu melahirkan di Kabupaten Garut.

Serta Ketua Sub Resipient TB Aisyah , Hj. Rustini S.Ag yang secara aktif mengambil bagian dalam program pemberantasan TB Paru di kabupaten ini.

Hj. Rustini S.Ag.

Diserahkan pula sertifikat Akreditasi Sembilan Puskesmas, dari Tim Independen Akreditasi Kemenkes RI masing-masing kepada UPT Puskesmas Pameungpeuk (Madya), UPT Puskesmas Cisewu (Dasar), UPT Puskesmas Cilawu (Madya), UPT Puskesmas Siliwangi Garut Kota (Madya).

Disusul UPT Puskesmas Kadungora (Dasar), UPT Puskesmas Cisurupan (Dasar), UPT Puskesmas Cibatu (Madya), UPT Puskesmas Cipanas (Dasar), serta UPT Puskesmas Peundeuy (Dasar).

Semarak HKN 2017 Garut, Jabar.

Tri Cahyo Nugroho mengemukakan pula, memeringati HKN ke-53 tingkat kabupatennya dengan menggelorakan semangat (GERMAS) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Dengan tujuan khusus di antaranya mengajak seluruh warga kesehatan, baik di Dinkes, Puskesmas, Rumah Sakit, Lembaga Pendidikan Kesehatan dan seluruh Organisasi Profesi untuk memeringati HKN setiap tahun secara meriah, dan terarah.

Tema HKN tahun ini, “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”, dengan sedikitnya terdapat 11 rangkaian kegiatan, antara lain pemeriksaan deteksi dini lanker leher rahim dan kanker payudara bagi pegawai perempuan di SKPD dengan 58 peserta.

Upacara Peringatan HKN ke-53 Tingkat Kabupaten Garut, 20 November 2017.

Sosialisasi dan edukasi penyalahgunaan obat-obatan illegal pada sekolah-sekolah di Kabupaten Garut, dilaksanakan Puskesmas pada 71 sekolah Menengah/Sederajat dan teredukasi 17.142 murid.

Ragam lomba olahraga, dan seni. Gerak jalan, Senam GERMAS, Sosialisasi penggunaan oabat secara rasional, Gebyar HKN, lomba vidio pendek kegiatan UKP/UKM Puskesmas, bhakti sosial donor darah, serta pemeriksaan kebugaran SKPD melibatkan para pejabat, dan Staf Setda, Bappeda, BKD, Dishub, dan BPMPT.

Dalam pada itu Sekda H. Iman Alirahman membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI.

“Yankes”

Dihadiri Para Kepala SKPD, dan Undangan Lainnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr H. Asep Sani, M.Kes menyatakan pada 2018 mendatang bakal melombakan Puskesmas Pasundan sebagai Puskesmas berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Lantaran pada 2016 silam pun, berhasil meraih juara pertama pada Lomba Pelayanan Prima Tingkat Kabupaten Garut (Citra Pelayanan Prima) 2016.

Bahkan pada 2018 pula, dimulainya “Public Service Centre” (PSC) 119 “Sijeruk” (Sistem Informasi Jaringan Rujukan) Kabupaten Garut, yang ditata dan dikelola terintegrasi dengan Diskominfo.

Sehingga memudahkan pasien bisa cepat mementukan rumah sakit rujukan, tanpa harus lama dirawat inap di ruang UGD lantaran kamar penuh.

Sedangkan pada Senin mendatang (27/11-2017), juga diagendakan peluncuran Mobil Ambulance Gratis, merupakan realisasi janji Bupati, dan Wakil Bupati Garut.

“Sehat, Bugar, Produktif Berbasis Masyarakat

Hj. Eulis Dahniar, SKM.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinkes kabupaten setempat, Hj. Eulis Dahniar, SKM katakan kiprah setiap seluruh jajarannya berupaya maksimal mewujudkan  “Sehat, Bugar, Produktif Berbasis Masyarakat, Ayo Hidup Sehat Dimulai Dari Saya”

Lantaran “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” berawal dari diri sendiri dan keluarga beserta lingkungan sekitarnya masing-masing, yang senantiasa diberdayakan bisa berpola hidup sehat.

Dengan tiga kegiatan fokus utama, Melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur, serta memeriksa kesehatan secara berkala.

“Sehingga dengan hidup sehat, berdampak pada banyak hal seperti kesehatan terjaga, aktivitas semakin produktif, lingkungan bersih, dan tentunya biaya berobat berkurang,” imbuh Eulis Dahniar, antara lain menambahkan pada momentum HKN ke-53 di kabupatennya 2017 ini.

**********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.