Pusat Kota Garut Nyaris Menyerupai Pasar Tumpah

0
37 views
Pengkolan Nyaris Menyerupai Pasar Tumpah.

Garut News ( Sabtu, 01/06 – 2019 ).

Ragam Aktivitas Kian Merebak Pada Sepanjang Lintasan Ruas Badan Jalan, (Jum’at, 31/05-2019).

Pusat perbelanjaan di jantung Kota Garut, Jawa Barat, pada lima hari menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 (H-5), Jum’at ( 31/05 – 2019 ), berkondisi nyaris menyerupai pasar tumpah.

Sehingga sangat menyulitkan ragam jenis kendaraan bermotor yang melintasi sepanjang ruas badan Jalan A. Yani, yang selama ini pula dikenal dengan sebutan ‘Pengkolan’.

Kondisi Trotoar Maupun Sarana Pejalan Kaki Lima Kian Sulit Untuk Dilintasi.

Lantaran pada kiri dan kanan ruas badan jalan tersebut, sarat dipenuhi beragam lapak para ‘Pedagang Kaki Lima’ (PKL) yang kian merangsek menyita lintasan badan jalan.

Kondisi itu, juga diperparah menjadi tak memadainya trotoar jalan untuk dilalui para pejalan kaki, maka mereka pun terpaksa berjalan pada badan jalan yang juga sarat dijadikan lokasi parkir sepeda motor.

Para pejalan kaki ini umumnya kalangan konsumen yang hendak berbelanja ragam kebutuhan Lebaran Idul Fitri, mereka pun berdatangan dari pelbagai pelosok Garut.

Titik Kemacaten Laten di Perempatan Jalan Pramuka Garut.

Sedangkan dua komplek gedung PKL yang dibangun dengan biaya mahal di kawasan Jalan Guntur, hingga kini tak berfungsi sebagaimana mestinya akibat sebagian besar PKL enggan menempatinya.

Padahal pembangunan kedua komplek gedung PKL tersebut, dimaksudkan guna menertibkan bahkan membebaskan sepanjang lintasan pusat Kota Garut dari ragam aktivitas kegiatan para PKL.

“Namun kenyataannya mengalami gagal total untuk menertibkannya, meski biaya yang digelontorkan pada setiap kegiatan penertiban menelan dana besar,” ungkap penduduk Garut yang peduli penataan kota termasuk Amin Sutisna.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here