PUPR Garut Segera Tuntaskan Perbaikan Kerusakan Jalan Kabupaten

0
19 views
Jujun Juansyah Nurhakim.
Sedikitnya Terdapat 17 Titik Lokasi Kerusakan Jalan Kabupaten di Panawuan.

“Ditargetkan Tuntas Sebelum 23 Desember 2019”

Garut News ( Selasa, 17/12 – 2019 ).

Dinas “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” (PUPR) Garut kini berupaya maksimal segera menuntaskan perbaikan kerusakan jalan kabupaten, bahkan ditargetkan bisa terselesaikan sebelum 23 Desember 2019.

“Terutama pada lintasan yang menjadi jalan utama, alternatif, dan jalan wisata,” ungkap Sekretaris Dinas PUPR kabupaten setempat, Jujun Juansyah Nurhakim, ST, MT.

Didesak pertanyaan Garut News di ruang kerjanya, Selasa (17/12-2019), dia berjanji untuk sementara kerusakan ruas badan jalan menuju obyek wisata Cikembulan dengan tambal sulam maupun perataan.

Namun upaya perbaikan secara permanen bakal diselenggarakan pada 2020 bersumber dana bantuan provinsi, lantaran lintasan jalan tersebut juga merupakan jalan utama dan alternatif, katanya.

Sedangkan perbaikan permanen pada lintasan jalan antara Ciparay – Godok bersumber ‘Dana Alokasi Khusus’ (DAK) 2020, namun kini perbaikan sementaranya dengan tambal sulam.

Perbaikan sementara pun antara lain bakal diulaksanakan pada lintasan jalan yang menghubungkan Kecamatan Samarang dengan Bayongbong.

Kemudian perbaikan sementara akan dilaksanakan pada sedikitnya 17 titik lokasi kerusakan jalan kabupaten termasuk drainase kiri dan kanannya, yang melintasi Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul.

Jalan kabupaten di Panawuan, dan Kecamatan Samarang bakal dialokasikan penanganannya dengan kegiatan rutin 2020, katanya pula.

“Jajarannya terdiri Group I memerbaiki kerusakan lintasan jalan sekitar Lingkar Leles, dan Group II pada lintasan sekitar Cihuni-Cibatu,” ungkap Jujun Juansyah Nurhakim.

Kembali didesak pertanyaan Garut News mengenai capaian kinerja penyerapan anggaran, Nurhakim katakan kini terserap hampir 60 persen dari pagu anggarannya.

Sedangkan sisanya 40 persen optimis juga bisa tuntas terserap pada 23 Desember 2019 lantaran dalam proses penyelesaian administrasi dan pengajuan.

Agenda pentingnya ragam upaya segera dilakukannya perbaikan kerusakan jalan itu, sebelumnya sempat pula dikemukakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Ir. Luna Aviantrini, MT.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here