Puncak Amuk Cimanuk Berhasil Wujudkan Garut Bermartabat

0
134 views
Bravo SMPN 1 Cilawu Garut, Jawa Barat.

“Diusung Kreativitas Berkemasan Seni Musik Tradisional SMPN 1 Cilawu”

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 03/10 – 2017 ).

Bravo SMPN 1 Cilawu Garut, Jawa Barat.

Puncak amuk Sungai Cimanuk pada 20 September 2016 silam, meski nyaris menenggelamkan Garut bahkan hingga kini masih menyisakan duka berkepanjangan.

Namun melalui kemasan kreativitas SMPN 1 Cilawu, menjadikan kontingen sekolah ini berhasil meraih juara pertama “Festival Lomba Seni Siswa Nasional” (FL2SN) Tingkat Nasional Tahun 2017,¬† sekaligus mewujudkan “Garut Bermartabat” yang juga menjadikan 2017 sebagai masa keemasan kabupaten tersebut.

Meraih Prestasi Sangat Spektakuler.

Demikian dikemukakan Kepala SMPN tersebut, Drs Rd. Yusuf Satria Gautama di sela helatan Samen Kabupaten dan Pemberian Penghargaan Prestasi Jenjang SMP Tahun 2017 di Gedung Pendopo kabupaten setempat, Selasa (03/10-2017).

Dikemukakan, sebelumnya pada tingkat Provinsi Jawa Barat. Alhamdullillah dari lima cabang yang dilombakan, Kabupaten Garut juga berhasil memasuki final.

Kemudian pada FL2SN berhasil meraih juara umum, yang merupakan barang langka dapat  terjaring melalui kompetisi ketat dari seluruh kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Drs Rd. Yusuf Satria Gautama.

Sehingga SMPN 1 Cilawu bisa mewakili Kabupaten Garut juga Provinsi Jawa Barat, dengan membuahkan hasil maksimal sebagai juara pertama tingkat nasional, yang diraih setelah delapan tahun lamanya membidik prestasi sangat spektakuler itu.

Masih menurut Yusuf Satria Gautama, keberhasilan yang diraih melalui proses panjang dan melelahkan ini, dipersiapkan sangat matang selama tujuh bulan terakhir berlatih dan terus-menerus berlatih.

Ternyata bencana Sungai Cimanuk bisa membawa berkah, menyusul narasi yang ditampilkan pada penampilan kontingen SMPN 1 Garut di Surabaya tersebut, bernuansakan prahara puncak amuk Sungai Cimanuk. Juga antara lain berorientasi pada bukti yang ditampilkan produk reportase Garut News dalam penerbitan bukunya, “Amuk Cimanuk Bisa Tenggelamkan Garut” – ‘200916’.

Meski bagi SMPN 1 Cilawu, keberhasilan meraih prestasi tingkat nasional ini bukanlah yang pertama kalinya, sebab sebelumnya pun antara lain diperoleh pada kejuaraan Voly Ball Tingkat Nasional di Kalimantan Barat 2011/2012.

Karena itu, atas prestasi diraih SMPN 1 Cilawu, Yusuf Satria Gautama menyampaikan syukur serta apresiasi positip juga terimakasih kepada semua pihak, sebagai Ketua MKKS berterimakasih kepada seluruh kepala sekolah se Kabupaten Garut, yang selama ini banyak memberikan dukungan.

Juga atas diraihnya Juara Umum O2SN Tingkat ProvInsi Jawa Barat, diucapkan pula terimakasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Garut, H. Mamik Sugiono, SH, MH yang senantiasa memberikan motivasi, hingga berkenan mentraktir makan bareng dengan kontingen Kabupaten Garut, termasuk dukungan dari Kepala Bidang SMP Disdik Garut.

Bahkan yang juga sangat mengharukan saratnya dukungan dari komunitas maupun Paguyuban Penjual Bakso Tahu asal Garut di Surabaya pada lomba FLS2N 2017 di Kota Surabaya. Mereka pun mengirimkan hidangan baksonya kepada kontingen.

Sedangkan tantangannya kini, minimal bisa memertahankan prestasi ini pada 2019 mendatang, bahkan senantiasa bisa meningkatkan lagi kualitasnya.

Penghargaan dan ucapan terimakasih disampaikan pula kepada para orang tua murid kontingen SMPN 1 Cilawu, sehingga prestasi ini diharapkan bisa memerlancar jenjang pendidikan mereka ke depan, imbuh Yusuf Satria Gautama.

*******