Puluhan Warga Garut Mengaku Diterlantarkan Tengah Lautan

Garut News ( Senin, 07/07 – 2014 ).

Ilustrasi. (Foto : John DH).
Ilustrasi. (Foto : John DH).

Sekitar 20 penduduk asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengaku diterlantarkan perekrut tenaga kerja sebelumnya menjanjikan bisa memekerjakan mereka pada bidang pelayaran.

Mereka terdiri tujuh Warga Ciwalen, dan 13 Warga Karangpawitan, dijanjikan perekrut bakal dipekerjakan bidang pelayaran dari PT. Dara Nelayan di Pluit Jakarta, ungkap Asep warga kini berusaha membantu penduduk diterlantarkan tersebut, Senin (07/07-2014).

Para korban, katanya semula ditawari bekerja pada bidang pelayaran oleh dua penduduk sekitarnya, Ade dan Elo, hanya dengan persyaratan menunjukan “Kartu Tanda Penduduk” (KTP).

Mereka hanya diminta menunjukan KTP, tak ada biaya apapun, sehingga mereka berangkat dari Garut sekitar dua pekan lalu.

Tetapi seorang di antara korban menyampaikan informasi pada keluarganya, berkondisi terlantar di tengah laut tanpa diberi makan dan minum, ungkap Asep pula.

Dikemukakan Asep, setelah seorang korban memberikan kabar, kini tak bisa dihubungi lagi.

Sehingga menjadikan pihak keluarga korban khawatir, apalagi mendengar tak mendapat makan dan minum.

Informasi diperole, kata Asep pula, kini keberadaan mereka sekitar kawasan perairan Maluku dekat Pulau Selayar, berlokasi jauh dari dermaga pelabuhan.

Terdapat keluarga korban, melaporkan peritiwa ini pada kepolisian, dengan harapan bisa segera diperoleh informasi jelas, sekaligus bisa tuntas dilakukan pengusutan.

Kepala Bidang Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans kabupaten setempat, Amir Sudrajat, S.Sos., M.Si kepada Garut News katakan, tak merasa memproses pengiriman tenaga kerja tersebut, mereka di luar jangkauan pemerintah.

Pihak perusahaan perekrut tenaga kerja, juga tak pernah berkoordinasi, ungkap Amir Sudrajat.

Pejabat Perikanan Disnakanla Garut, Khaidir R. Permana kepada Garut News, Senin (07/07-2014), juga mengaku belum mengetahui kasus diterlantarkannya tenaga kerja asal Garut di tengah lautan itu, katanya.

*******

Pelbagai Sumber, JDH.

Related posts