Waspadai Penularan Covid-19 Masih Berlangsung di Garut

0
20 views
Ricky R. Darajat.
Mengingatkan Ancaman Terjerat Undang-Undang Transaksi Elektronik.

“ODP, PDP, Positip, dan OTG Menembus 1.590 Kasus”

Garut News ( Sabtu, 04/04 – 2020 ).

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky R Darajat, SH mengingatkan, waspadai hingga kini proses penularan Covid-19 masih terus berlangsung di kabupatennya.

“Sehingga masyarakat agar senantiasa menjaga jarak interaksi sosial, lindungi diri, lindungi sesama,” imbuhnya antara lain di Gedung Pendopo kabupaten setempat, Sabtu (04/04 – 2020).

Data Hari Ini.

Lantaran selain ditemukan kasus kedua positif Covid-19 di kabupaten tersebut, juga penemuan ODP, PDP, dan ‘Orang Tanpa Gejala’ (OTG) hingga hari ini menembus angka 1.590 Kasus.

Terdiri 1.423 kasus ODP, mencapai 1.117 kasus di antaranya dalam pemantauan di rumah, 18 kasus dalam perawatan di RSU dr Slamet karena memiliki penyakit penyerta, serta 288 kasus ODP selesai pemantauan (berkondisi sehat).

Kemudian 21 kasus PDP, ada enam kasus di antaranya dalam perawatan di ruang isolasi RSU dr Slamet, dan 21 kasus lainnya selesai perawatan (negatip Covid-19). Sedangkan OTG mencapai 144 kasus.

Sehari Sebelumnya.

Kasus kedua positif Covid-19 berkode KC-2 itu, berasal dari wilayah Kecamatan Garut Kota yang memiliki riwayat perjalanan pulang dari daerah terjangkit (DKI) Jakarta, sejak 18 Maret 2020 melakukan isolasi mandiri.

Sebab merasakan gejala batuk, pilek, dan demam. Selanjutnya pada 26 Maret 2020 secara mandiri pula dilakukan pemeriksaan sample pada laboratorium di Bandung, yang hasilnya diketahui positip Covid-19 pada 3 April 2020.

Hingga hari ini KC-2 memasuki hari ke-17 isolasi mandiri sehingga tadi pagi dilakukan pengambilan spesimen ulang.

Diselenggarakan pula tracing (pelacakan) berupa penelusuran kepada setiap seluruh orang yang pernbah kontak langsung dengan KC-2 pada lima titik lokasi terdiri empat fasilitas kesehatan, dan satu perkantoran.

“Sebanyak 110 orang menjalani rapid test yang hasilnya negatif Covid-19,” ungkap Ricky R Darajat.

Dia sangat mengharapkan bisa segera diketahuinya hasil pemeriksaan laboratorium, juga sangat memprihatinkannya penyebaran pemberitaan identitas beserta sangat detail penyebutan alamat  KC-2.

“Pemberitaan tersebut bisa mengakibatkan semakin bertambahnya ketegangan masyarakat,” sesalnya.

Ungkapan senada disampaikan pula Ipda H. Muslih yang juga antara lain mengingatkan ancaman terjerat Undang-Undang Transaksi Elektronik.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here