Potensi Zakat Penghasilan Garut Bisa Mencapai Rp8 Miliar

0
11 views
Rd H. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si

Garut News ( Senin, 22/07 – 2019 ).

Ketua Baznas Kabupaten Garut.

Ketua “Badan Amil Zakat Nasional” (Baznas) Kabupaten Garut, Rd H. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si katakan Insya Allah potensi zakat profesi maupun penghasilan ‘Aparatur Sipil Negara’ (ASN) Pemkab/Setda setempat bisa mencapai berkisar Rp8 miliar hingga Rp11 miliar setiap tahun.

Bahkan pada 2020 mendatang perolehan dari potensi zakat di kabupaten ini dapat mencapai hingga Rp20 miliar, lantaran bakal gencar disosialisasikan obyek zakat lainnya, seperti pada sektor pertanian,peternakan, uang, dan pada perusahaan.

“Sedangkan saat ini masih fokus pada potensi zakat profesi maupun penghasilan ASN,” ungkap Aas Kosasih kepada Garut News di ruang kerjanya, Senin (22/07-2019).

Kembali dikemukakan, Baznas Kabupaten Garut gencar mendampingi pihak konsultan sekaligus mengawasi “File System” maupun pemotongan langsung pembayaran zakat profesi itu mulai awal Juli 2019.

Sedangkan selama ini tanpa memanfaatkan “File System”, potensi yang dapat diperoleh dari jakat profesi ASN tersebut hanya Rp350 juta setiap bulan, ujarnya.

Sedangkan potensi zakat maal dari 20 persen masyarakat kabupatennya juga bisa mencapai Rp680 miliar setiap tahun, sehingga bisa dimanfaatkan memercepat proses pengentasan kemiskinan.

Seperti pada Selasa bulan lalu, diselenggarakan pembayaran lanjutan sisa Gebyar Ramadlan 1440 H/2019 bagi 650 penerima manfaat bernilai Rp106 juta di lingkungan Dinas Kesehatan dengan 67 Puskesmas masing – masing mendapatkan Rp1,5 juta.

Kemudian pemberian bagi 549 penerima manfaat masing – masing pada Dinas Lingkungan Hidup, Satpol – PP serta Dinas Pertanian, seluruhnya bernilai Rp54,9 juta, ungkap Aas Kosasih antara lain menambahkan.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here