Potensi Damkar, Urusan Wajib yang Kerap Terbaikan

0
79 views
Balubur Limbangan.

Garut News ( Jum’at, 01/02 – 2019 ).

Oleh : John Doddy Hidayat

Balubur Limbangan.

Potensi keberadaan ‘pemadam kebakaran’ (Damkar) sangat strategis lantaran sangat diperlukan dimana pun bahkan juga kapan pun, sehingga tugas pokok dan fungsi Dinas Pemadam Kebakaran sebagai SKPD yang memiliki  ‘urusan wajib’.

Namun ironis, pemenuhan kebutuhan ragam sumber dayanya kian mengesankan terabaikan, bahkan terkalahkan oleh SKPD yang tak memilki urusan wajib sekalipun.

Padahal setiap tahunnya kasus kebakaran di Kabupaten Garut, selain kerap menelan korban jiwa, banyak pula menelan kerugian materi hingga mencapai puluhan miliar rupiah.

Sehingga bisa dipastikan sangat besarnya kerugian tersebut, dapat maksimal diminimalisir jika pelbagai pemenuhan kebutuhan institusi ini terealisasi sepenuhnya, tak seperti selama ini pula.

Sedangkan pemenuhan kebutuhan yang sangat mendesak diperlukan, selain ragam sarana penunjang pelaksanaan operasional di lapangan, ketersediaan personil terlatih, serta kesejahteraan yang memadai pun jangan terabaikan.

Termasuk dipedulikannya keberadaan Dinas “Pemadam Kebakaran” (Damkar) UPTD Limbangan Garut, Jawa Barat, yang selama 2018 sedikitnya menangani 44 kasus kebakaran.

Kini sangat mendesak segera terpenuhinya penambahan jumlah personil terlatih, ragam sarana penunjang, dan kualitas kesejahteraan setiap seluruh personilnya.

Sebab tak hanya beroperasional pada radius wilayah Kecamatan Balubur Limbangan, melainkan hingga menangani kassus kebakaran di Kecamatan Selaawi, Malangbong, Cibiuk, Kersamanah, dan wilayah Kecamatan Leuwigoong.

Maka sangatlah tak berbanding lurus dengan ketersediaan satu mobil unit pemadam kebakaran dan hanya empat personil yang tak seluruhnya berstatus aparatur sipil negara atau PNS.

Mereka acap dihadapkan pada upaya penanggulangan kasus kebakaran, terutama yang terjadi di lebih satu lokasi dalam waktu yang bersamaan.

Karena itu, kebijakan Bupati Rudy Gunawan beserta Wakilnya mutlak diperlukan dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi Dinas Pemadam Kebakaran termasuk pada setiap UPTD, juga di UPTD Balubur Limbangan.

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here