Ponpes Modern Yadul Ulya Panawuan Kembangkan Metode ‘Kauny’

0
40 views
Kembangkan Metode 'Kauny'.

Garut News ( Ahad, 30/12 – 2018 ).

Kembangkan Metode ‘Kauny’.

Ponpes Modern Tahfidz Quran Yadul Ulya di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, juga mengembangkan metode ‘kauny’ berupa menghapal dengan gerakan pada seluruh surat dalam Al Quran.

Pimpinan Ponpes tersebut M. Angga Tirta katakan, penerapan metode itu pada lembaga pendidikan keagamaan yang merupakan Pondok Tahfiz dan Digital ini, agar pelajaran mengaji Al Quran lebih mudah dicerna beserta artinya sejak anak usia dini.

M. Angga Tirta (Kedua Dari Kanan).

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Ahad ( 30/12 – 2018 ), Angga Tirta juga mengemukakan kegiatan rutin setiap harinya tersebut, berlangsung bada Shalat Ashar dengan 20 – 40 peserta mulai anak balita, remaja hingga usia dewasa.

Sedangkan setiap Sabtu malam mulai bada Shalat Maghrib berlangsung pengajian serta ceramah dengan 20 – 90 peserta remaja, dan pemuda ‘Ireng’ (Ikatan Remaja Neangan Ganjaran/kelompok remaja pencari berkah) Panawuan.

Kegiatan Rutin Setiap Hari.

Berlangsung hingga menjelang tengah malam, lantaran sekaligus digelar diskusi pemberdayaan ekonomi bernuansakan Islami bagi kalangan remaja, dan pemuda.

Mereka dimotivasi bisa menggulirkan ragam inovasi dan kreativitas kemandirian  berwirausaha, sekaligus dapat dimilikinya pemahaman serta pemikiran ‘bernas’ menyikapi setiap perkembangan usaha yang berdaya saing.

Wujudkan Generasi Berkualitas Islami.

Helatan itu pun, ungkap Angga Tirta, sejalan dengan program utamanya terdiri Hapal Al Qur’an, kemudian pelatihan teknologi informasi melalui pembekalan keterampilan bisnis online.

M. Angga Tirta juga mewakili Komunitas wirausaha “Tangan Di Atas” (TDA) kabupaten setempat mengemukakan pula, Ponpes Tahfiz Qur’an ini diperuntukan utamanya bagi anak yatim, dan dhuafa.

Tiada Hari Tanpa Belajar.

Menyikapi fenomena malam pergantian tahun masehi, diharapkan bisa senantiasa bersilaturahim juga bermuhasabah pada sepanjang malam pergantian tahun 2018 – 2019.

Agar sepanjang malam hingga tibanya pergantian tahun sarat terisi dengan ragam kegiatan instrospeksi diri masing – masing.

Fasilitas Dapur Umum Ponpes Modern Yadul Ulya Panawuan.

Bersama sepanjang malam bertafaqur. Supaya selalu mendapatkan keberkahan juga rakhmat Allah SWT yang menjadikan ‘baldatun-thayyibatun-wa-rabbun-ghafur’, dengan kekuatan do’a dan keimanan.

Muhasabah, upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya. Merupakan salah satu sarana yang bisa mengantarkan manusia mencapai tingkat kesempurnaan sebagai hamba Allah SWT, Amien ya Rabbal Alamien.

Keutamaan Akomodasi Dapur Umum Penuhi Gizi dan Nutrisi Para Santri/Santriwati.

“Sehingga rangkaian kegiatan bermuhasabah pun, hendaknya bisa diselenggarakan pada setiap kesempatan atau tak hanya menjelang pergantian tahun masehi,” imbuh Angga Tirta, antara lain menambahkan.

********

Ekologi Ponpes Modern Yadul Ulya Panawuan.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here