Ponpes Yadul Ulya Panawuan Garut Membedah Tasawwuf

0
117 views
Pengajian Ponpes Modern Digital Yadul Ulya, Sabtu (19/01-2019) Malam.

Garut News ( Ahad, 20/01 – 2019 ).

Pengajian Ponpes Modern Digital Yadul Ulya, Sabtu (19/01-2019) Malam.

Para santri pada Ponpes Modern Digital Yadul Ulya Kampung Panawuan di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, dengan ragam kegiatan pendidikan keagamaan, Sabtu ( 19/01 – 2019 ), khusus membedah Ilmu Tasawwuf.

Pada Ponpes yang hingga kini masih gencar terus dibangun tersebut, juga sekaligus menggelar pengajian bersama, dipimpin Kabid Hisbah DPW FPI Garut Ust. Dadan Suryana.

Sebagian Para Santriwati.

Pimpinan Ponpes itu M. Angga Tirta katakan, “Lembaga pendidikan keagamaan ini, merupakan Pondok Tahfiz dan Digital”.

Berprogram utama terdiri Hapal Al Qur’an, kemudian pelatihan teknologi informasi melalui pembekalan keterampilan bisnis online.

M. Angga Tirta juga mewakili Komunitas wirausaha “Tangan Di Atas” (TDA) kabupaten setempat mengemukakan pula, Ponpes Tahfiz Qur’an itu, diperuntukan utamanya bagi anak yatim, dan dhuafa.

Mushola Ponpes Modern Digital Yadul Ulya Panawuan Garut, Jawa Barat.

Sedangkan Ust. Dadan Suryana detail mempresentasikan bahasan Tasawwuf (bahasa Arab: تصوف , ), sebagai ilmu untuk mengetahui upaya menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, serta guna memeroleh kebahagian abadi.

Sebagai sebuah konsep dalam Islam, juga didefinisikan para ahli sebagai bagian batin, dimensi mistis Islam.

Syari’at dalam perspektif tasawuf bisa digambarkan dalam bagan Empat Tingkatan Spiritual Umum dalam Islam, terdiri syariat, tariqah atau tarekat, hakikat.

Tingkatan keempat, ma’rifat, yang ‘tak terlihat’, sebenarnya adalah inti dari wilayah hakikat, sebagai esensi dari keempat tingkatan spiritual ini.

Dikemukakan pula mengenai makna dan manfaat mengucapkan Basmallah, serta sekilas diungkapkan makna ungkapan Alhamdullillah.

********

Pelbagai Sumber/Esay – Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here