PNM Garut Bina Kelompok Tani ULaMM dan Mekaar

0
124 views
Foto Bersama.

Garut News ( Jum’at, 24/08 -2018 ).

Foto Bersama.

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM membuka klaster sinergi antara nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dengan produk Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Desa Kramat Wangi, Cisurupan Garut, Jawa Barat.

Pembukaan Klaster yang beranggotakan 55 petani sayuran bertempat di Balai Desa Kramat Wangi, Rabu ( 15/08 – 2018 ).

PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pembinaan, dan pelatihan kepada nasabah binaan, baik secara reguler ataupun klaster berdasar pada kesamaan produk ataupun wilayah.

Sambutan Kepala Desa Kramat Wangi.

Program PKU menjadi keunggulan dan keunikan PNM, karena pendampingan diberikan kepada nasabah dilakukan berkala serta berkelanjutan sehingga nasabah mampu mengelola usahanya dengan baik juga tepat.

Di Desa Kramat Wangi, nasabah Mekaar merupakan perempuan prasejahtera bermata pencaharian petani sayuran didorong untuk mampu menghasilkan sayuran yang bermutu tinggi, sehingga dapat dipasarkan oleh nasabah ULaMM yang merupakan pengepul dan pedagang sayuran.

Melalui pembukaan klaster ini, diharapkan 50 nasabah Mekaar berkerjasama dengan lima nasabah ULaMM dalam memajukan usaha yang mereka jalankan.

Sinergi Nasabah ULaMM, dan Mekaar Garut.

Dalam pelatihan perdana, para anggota klaster mendapatkan pelajaran mengenai manajemen pertanian dan budidaya pertanian, manajemen pemeliharaan tanaman, pelatihan aplikasi pembuatan pupuk organik dan obat.

Hadir sebagai pembicara Dekan Faperta UNIGA, DR. Ir. H. Tendy Kusmayadi, M.P  yang mempresentasikan mengenai Manajemen, dan Budidaya Pertanian.

Selain itu, para anggota klaster mendapatkan pelatihan penanaman dan budidaya sayuran unggul dibutuhkan pasar. Sehingga dapat memberikan keuntungan lebih baik untuk petani sayuran ataupun pedagang sayuran.

Juga memberikan sambutan dan pengarahan sekaligus membuka helatan ini, Pemimpin Cabang PT PNM Garut, Gema Arief Pramuji. Antara lain menyatakan sinergi tersebut merupakan upaya nyata PNM meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan, imbuhnya.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, PNM turut berkerjasama dengan kalangan akademisi, praktisi pertanian, dan pengusaha setempat.

“Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)”

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, terdiri Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) berdasar pada kesamaan wilayah atau pun jenis usaha.

Guna menentukan bentuk kegiatan PKU, PNM melakukan pendalaman terhadap kendala dan peluang usaha para nasabah, sehingga program PKU PNM dapat tepat sasaran serta berdampak. Pendampingan dan pembinaan pun diberikan secara berkala juga berkelanjutan.

Saat ini PNM memiliki 2.428 kantor layanan, terdiri dari 62 kantor cabang PNM, 695 kantor layanan ULaMM, dan 1.671 kantor cabang Mekaar.

********