PMI Penuhi Kebutuhan Darah Korban Amuk Cimanuk

0
75 views
Jajaran PMI di Lokasi Bencana.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 11/10 – 2016 ).

Jajaran PMI di Lokasi Bencana.
Jajaran PMI di Lokasi Bencana.

Kepala Markas PMI Kabupaten Garut, Agus Heryanto, S.Sos, M.Si katakan sedikitnya 50 hingga 60 labu darah bisa dipenuhi PMI kabupaten setempat khususnya bagi para korban selamat terdampak amuk Sungai Cimanuk.

Meski darah tersebut, antara lain diperoleh dari PMI Cilacap, Bandung, Tangerang, dan PMI Cirebon menyusul peralatan pengolah darah pada UDD PMI Garut pun lumpuh total maupun mengalami kerusakan lantaran diterjang banjir bandang. 

Berdampak Sangat Tragis.
Berdampak Sangat Tragis.

Meski demikian kegiatan donor darah bisa kembali beroperasi dengan memanfaatkan pinjaman alat pengolah darah dari Bandung, ungkapnya kepada Garut News, Selasa (11/10-2016).

Sebelumnya pada penanggulangan pasca bencana banjir bandang, juga dioperasionalkan enam tanki pendistribusian air bersih, sejumlah mobil ambulance, mobil jenazah, serta pendistribusian barang termasuk pada korban yang masih belum tersentuh pasokan bantuan.

“Kerugian”

Sedangkan total kerugian material kerusakan berbagai infrastruktur, perumahan, sosial, dan ekonomi akibat bencana banjir bandang Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut terjadi dua pekan lalu terus bertambah.

Bersihkan Lumpur.
Bersihkan Lumpur.

Dari hitungan sementara, sebelumnya mencapai sekitar Rp158.464.000.000 miliar, total kerugian material terhitung saat ini mencapai sekitar Rp286 miliar .

Bupati Garut Rudy Gunawan katakan, berdasar hasil analisa Tim Penilai Kerusakan dari Direktorat Penilaian Kerusakan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dibantu seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab setempat, total kerusakan dan kerugian yang timbul akibat bencana banjir bandang Cimanuk mencapai sekitar Rp286 miliar lebih.

“Kerugian dihitung dari lima komponen atau sektor yaitu perumahan, infrastruktur, sosial, ekonomi serta lintas sektor,” katanya.

Lintasi Genangan Banjir.
Lintasi Genangan Banjir.

Dikatakan, pasca masa tanggap darurat bencana banjir badang berakhir, saat ini memasuki masa transisi ke pemulihan sebelum memasuki tahapan rehabilitasi, dan rekonstruksi dengan kurun waktu selama tiga bulan ke depan.

Berkenaan pengungsi korban banjir bandang Cimanuk, Dijelaskan, terdapat 787 kepala keluarga (kk) atau 2.525 pengungsi, merekaditetapkan sebagai pengungsi kehilangan tempat tinggalnya.

Dari jumlah tersebut, ada 279 kk atau 1.085 jiwa pengungsi di antaranya masih tinggal di lokasi pengungsian atau hunian sementara tersebar pada enam lokasi. Yakni di bangunan Rusunawa Gandasari, Rusunawa al Musaddadiyah, Gedung Transito, Gedung Islamic Center, Gedung Bale Paminton, dan Local Education Center (LEC).

“Selama mereka di sana, Pemerintah Daerah berkewajiban bisa memenuhi beragam fasilitas seperti listrik, air bersih, sarana dan prasarana dasar, serta jaminan hidup bagi para pengungsi,” katanya.

*********

(nz, jdh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here