PMI Garut Wujudkan Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana

0
95 views
Ketua PMI Kabupaten Garut.

“Selenggarakan Ragam Kegiatan Kemanusiaan”

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Ahad, 17/09 – 2017 ).

Ketua PMI Kabupaten Garut.

Seluruh jajaran keluarga besar “Palang Merah Indonesia” (PMI) Kabupaten Garut, selama ini konsisten dengan komitmen sebagai organisasi mitra pemerintah, yang berperan penting menjalankan tugas bidang penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan, pembinaan relawan, dan tranfusi donor darah, dengan senantiasa mengedepankan nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Memaknai tematik peringatan ke-72 PMI Tahun 2017 “Membangun Masyarakat Tangguh”. Kian menjadi pendorong PMI sebagai insan pekerja kemanusiaan tak henti dan tak kenal lelah membantu mewujudkan masyarakat tangguh menghadapi bencana.

Kepala Markas PMI Kabupaten Garut.

Demikian tandas dikemukakan Ketua PMI kabupaten setemnpat, H. Budiman, SE, M.Si, MM pada upacara peringatan HUT ke-72 institusi kemanusiaan tersebut, di halaman Markas PMI Garut, Ahad (17/09-2017).

Dikemukakan, selama ini pun utamanya menyelenggarakan ragam kegiatan pengurangan risiko bencana, mengatasi masalah-masalah sosial, serta kesejahteraan masyarakat.

“Kesiapan menghadapi dan mengurangi risiko bencana menjadi bagian kita, agar masyarakat selalu siap siaga, dan tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh terhadap bencana yang diakibatkan pelbagai peristiwa, dan kondisi,” imbuh Budiman.

Semarak Menerbangkan Balon.

Sehingga PMI Kabupaten Garut, terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, pemangku kepentingan, juga instansi terkait untuk bersama-sama membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengurangan risiko bencana secara mandiri, serta memperkuat ketahanan sosial masyarakat, tegas Budiman, antara lain menambahkan.

“Selenggarakan Ragam Kegiatan Kemanusiaan”

Kepala Markas PMI Kabupaten Garut juga Ketua Panitia Peringatan, Agus Heryanto, S.Sos, M.Si menyatakan, “Membangun Masyarakat Tangguh, PMI Garut Siap Siaga Membantu Masyarakat”

Gerak Jalan PMR Dengan 1.500 Peserta.

Sehingga memaknai juga menyemarakan Hari Jadi PMI tahun ini, digelar aneka lomba Kepalangmerahan PMR Tingkat Madya dan Wira, berupa lomba petolongan pertama, perawaran keluarga,  pembuatan tandu darurat,  desain poster, pembuatan film pendek, dan lomba paduan suara.

Diikuti 16 sekolah Tingkat SMP dan MTs, serta 32 sekolah Tingkat SMA/SMK/MA bertotal 1.000 peserta. Kemudian kampanye nasional imunisasi campak dan rubella khususnya di kalangan Un-Registered Children pada beberapa wilayah kecamatan se kabupaten, yang saat ini gencar dilaksanakan relawan PMI.

Semarak HUT ke-72 PMI di Kabupaten Garut.

Sedangkan upacara puncak peringatan diikuti sedikitnya 1.500 peserta sekaligus peserta jalan sehat PMR, mereka terdiri para pelajar anggota PMR Tingkat Madya dan Wira.

Diagendakan pula menyambut Tahun Baru Islam  pada 21 September 2017 (1 Muharam  1439 H), digelar Tablig Akbar di halaman markas PMI.

Segenap Keluarga Besar PMI Kabupaten Garut juga Mengucapkan : Selamat Tahun Baru Islam 1439 H/2017.

Dengan memaknai Keindahan adalah menysukuri nikmat hari ini, Nikmat yang paling besar adalah Nikmat Usia.

Sri Wahyuni.

Ketika kita memasuki tahun baru, Artinya masih diberikan nikmat, Teruslah senantiasa bersyukur, Selamat Tahun Baru Islam.

Mari Sambut bulan Hijriyah, Bulan baru penuh berkah, Semoga kita selalu menjadi hamba yang bertakwa,  Menyambut gembira tahun baru Hijriyah.

“Berkontribusi Aktif Dalam Kegiatan Kemanusiaan”

Sri Wahyuni, mahasiswa semester tujuh jurusan Managemen pada Fakultas Ekonomi Uniga juga Pinilih Mojang Garut versi Disbudpar kabupaten setempat katakan, sebagai KSR di PMI Kabupaten Garut mengucapkan “Dirgahayu ke-72 PMI”.

Markas PMI Kabupaten Garut.

Sangat senang bisa menjadi bagian dari organisasi mulia ini, Sangat memberikan kesan yang menjadi kenangan, berkumpul dengan keluarga dan teman baru.

“Semoga pada momentum hari ulang tahun PMI tahun ini, PMI senantiasa bisa Berkontribusi Aktif Dalam Kegiatan Kemanusiaan,” imbuh Sri Wahyuni.

 

********