Peserta KB Kecamatan Samarang Didominasi Kontrasepsi “Suntik”

0
78 views

Garut News ( Kamis, 12/02 – 2015 ).

Drs Yusep Sapari.
Drs Yusep Sapari.

Selama 2014 peserta “Keluarga Berencana” (KB) di wilayah Kecamatan Samarang, Garut didominasi kontrasepsi suntik, kemudia IUD, Implan, serta kontrasepsi MOW dan MOP.

Kepala UPTD “Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan” (KBPP) kecamatan setempat Drs Yusep Sapari katakan, capaian peserta baru di wilayahnya selama 2014 tersebut, mencapai 86 persen dari 3.400 yang ditargetkan.

Seluruh Jajaran Keluarga Besar UPTD KBPP Kecamatan Samarang.
Seluruh Jajaran Keluarga Besar UPTD KBPP Kecamatan Samarang.

Sehingga optimis sisanya 14 persen bisa dipenuhi pada 2015 ini, sehingga total target capaiannya menjadi sekitar 3.515 peserta.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Kamis (12/02-2015), juga dikemukakan angka pasti target capaian 2015 ini, bisa diketahui setelah diselenggarakannya Rakerda.

Kemudian merealisasikannya selain membagi capaian pada setiap seluruh 13 desa, juga senantiasa memanfaatkan momentum penting.

Di antaranya pada penyelenggaraan kegiatan KB Kesehatan, Bhakti Tim penggerak PKK, juga pelaksanaan Rapsus atawa pengerahan khusus.

Yusep Sapari katakan pula, beragam pendekatan yang humanis termasuk membangun komunikasi dengan pelbagai elemen dan komponen masyarakat pun, senantiasa dilaksanakannya.

Guna menunjang keberhasilan program, imbuhnya.

Foto Bersama dan Kebersamaan.
Foto Bersama dan Kebersamaan.

Sedangkan kendala dihadapi selama ini, antara lain perolehan peserta KB bisa terlaksana jika pada kegiatan penyuluhan, bisa langsung diselenggarakan jasa pelayanannya.

Lantaran, apabila penyelenggaraan jasa layanannya dilakukan beberapa hari paska penyuluhan, ternyata banyak di antara calon peserta KB dengan beragam alasan membatalkan niatnya.

Karena itu, kini gencar dijalin koordinasi yang “intens” dengan institusi teknis terkait, ungkap Yusep Sapari pula.

Dijelaskan, wilayah Kecamatan Samarang dihuni sekitar 73.861 penduduk atawa 20.521 kepala keluarga (KK).

Mereka tersebar pada 13 desa, dalam pada itu jajaran UPTD KBPP Kecamatan Samarang dikelola sembilan personil termasuk Kepala UPTD, serta Kepala Subag Tata Usaha.

Kemudian terdapat lima “Penyuluh KB” (PKB), tiga PLKB, serta bdua “Tenaga Penggerak Desa” (TPD), dengan lokasi Balai Penyuluhan di Kampung Cileumah Desa Cintaasih atawa pada lintasan Jalan Cileumah.

Dibangun di atas tanah seluas 140 m2, dengan luas bangunan fisik seluas 98 m2, terdiri ruang kepala, ruang pertemuan merangkap ruang kerja, toilet, dan dapur kecil.

Keberadaan Balai Penyuluhan KB ini, terbilang masih baru, sebelumnya menempati ruangan disediakan Camat Samarang di Kantor kecamatan setempat, ungkap Yusep Sapari yang hingga kini telah sepuluh tahun bertengger pada pangkat/golongan III/C.

Ditambahkan, kegiatan pemberdayaan perempuan dilaksanakan sesuai arahan dari kabupaten, di antaranya penyelenggaraan pelatihan mengenai gender, katanya.

********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.