Pesan Menggugah Gorila Koko untuk Manusia: Benahi Bumi, Segera!

0
46 views

Garut News ( Sabtu, 09/01 – 2016 ).

Gorila Koko. (Youtube).
Gorila Koko. (Youtube).

– “Fix Earth. Help Earth! Hurry!” itulah salah satu pesan Koko, gorilla kelahiran Kebun Binatang San Fransisco tahun 1971.

Gorila Koko merupakan salah satu gorila cerdas yang menguasai 1.100 bahasa tanda. Dia mulai belajar berkomunikasi dengan tanda sejak usia 1 tahun dan mampu belajar kosakata dengan kecepatan yang sama dengan bayi manusia.

Sejak 45 tahun lalu, Koko menjadi sensasi dunia karena kemampuannya. Terakhir, dalam sebuah video, Koko tampak membawa anak kucing dan mengklaimnya sebagai buah hati.

Organisasi asal Perancis Noe Conservation merekam pesan Koko pada manusia terkait pentingnya menjaga kelestarian bumi untuk semua spesies.

Hasil rekaman diputar di ajang COP 21 di Perancis Desember 2015 lalu. Meski perundingan itu telah usai, pesan Koko tetap relevan sebab perjuangan melawan iklim sendiri masih berlangsung dan lebih banyak kalangan perlu sadar.

Dalam video, Koko menyebut bahwa dirinya mencintai bumi. Tapi, dia mengatakan, “Manusia Bodoh. bodoh. Koko menyesal. Koko menangis.”

Koko lantas meminta manusia untuk sadar. “Waktu berjalan cepat. Benahi bumi. Selamatkan bumi. Segera,” katanya.

Ulah manusia terbukti memicu terjadinya perubahan iklim. Pemakaian bahan bakar fosil, konsumsi berlebihan, dan konversi hutan melepas karbon ke udara.

Akibat perubahan iklim telah dirasakan. El Nino yang terjadi semakin kuat. El Nino tahun 2015 dikatakan sekuat tahun 1998.

Upaya besar harus dilakukan untuk mencegah kenaikan suhu bumi lebih dari 2 derajat celsius sejak masa industri.

Kalau tidak, manusia sendiri akan merasakan dampaknya. Bencana hidrometeorologi akan semakin sering terjadi. Indonesia juga akan kehilangan banyak pulau.

********

Editor : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here