Perkarta Hukum Acap Menjerat Masyarakat Juga Aparat Daerah

0
55 views

Garut News ( Kamis, 23/04 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Perkarta hukum acap menjerat masyarakat, atawa aparat di daerah lantaran ketidaktahuan mereka pada persoalan berakibat timbulnya permasalahan hukum.

Sehingga semestinya masyarakat melek perundang-undangan yang berlaku.

Maka, Pemprov Jabar menggelar penyuluhan hukum bagi aparatur desa/kelurahan diikuti 70 desa/kelurahan di Kabupaten Garut, Rabu (22/04-2015).

Dimilikimya pemahaman memadai pada persoalan hukum setidaknya memberikan rasa aman, dan tertib bagi masyarakat maupun aparat dalam melaksanakan tugas sehari-hari, ungkap Kepala Subag Penyuluhan Hukum pada Biro Hukum Pemprov Jawa Barat, Aan Fardiah saat membuka penyuluhan hukum.

Menurut dia, pemerintah wajib memberikan upaya penyadaran dan pemahaman pada masyarakat maupun aparat agar mereka melek dan mengetahui perundang-undangan.

Selain agar terhindar dari persoalan bisa mengakibatkan jeratan hukum, juga menjamin mereka bisa tenang dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Dikemukakan, Pemprov Jabar memberikan penghargaan bagi desa/kelurahan sadar hukum. Penghargaan berupa uang Rp10 juta.

Mendapatkan penghargaan tersebut, desa harus memenuhi beberapa kriteria. Antara lain melunasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai 90 persen, tak terdapatnya perkawinan di bawah umur, dan angka kriminalitas rendah.

*******

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here