Peristiwa Gerhana Bulan Wujud Kemahabesaran Allah SWT

0
41 views
Dr Wahyu.

Garut News ( Rabu, 31/01 – 2018 ).

Dr Wahyu.

Praktisi pendidikan juga dosen UIN Bandung, Dr Wahyu antara lain  mengingatkan peristiwa gerhana bulan Pada Rabu malam (31/01-2018) bertepatan 14 Jumadil awal 1439 H, merupakan wujud Kekuasaan, dan Kemahabesaran Allah SWT.

Sehingga fenomena alam berlangsung sejak pukul 19.52 dan berakhir pada pukul 21.11 WIB tersebut, bisa dimaknai sebagai sarana sekaligus wahana mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah shalat khusuf.

Ust. Ganjar J Jauhari, ST.

Meski bagi sebagian masyarakat kerap dikaitkan dengan mitos tertentu, di antaranya sebagian masyarakat Cina memercayai lantaran seekor naga langit membanjiri sungai dengan darah, kemudian menelannya, ungkapnya di Majid An Nur Gordah Jayawaras Garut, Jawa Barat, seusai Shalat Gerhana dengan Imam Ust. Ganjar J Jauhari, ST.

Juga masyarakat Jepang percaya karena ada racun disebarluaskan di muka bumi. Agar air tidak terkontaminasi racun, maka menutupi sumur mereka.

Sebagian masyarakat di Indonesia, ada pula beranggapan karena Batara Kala atau raksasa jahat ‘memangsa’ bulan. Mereka kemudian memukul kentongan beramai-ramai  mengusir Batara Kala.

Khutbah Seusai Shalat Gerhana.

Bahkan masyarakat Arab saat itu, khususnya suku Quraisy dikaitkan dengan adanya kematian atau kelahiran seseorang.

Sehingga anjuran shalat sunah gerhana diteladani Nabi Muhammad SAW, mengandung pesan keagungan dan kekuasaan Allah SWT, yang diwujudkan dengan shalat gerhana, memerbanyak zikir dan berdoa, juga memerbanyak sedekah, imbuh Dr Wahyu pula.

********

Fotografer : John Doddy Hidayat.