Perencanaan Ruang : Tak Semua Jenis Tanah Menyerap Air

0
10 views
Cep Ayi Fitriana, ST., MAP

Garut News ( Senin, 08/07 – 2019 ).

Ilustrasi. Bersahabatlah Dengan Alam Beserta Lingkungannya.

Kasi Perencanaan Ruang pada Bidang Penataan Ruang Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang’ (PUPR) Kabupaten Garut, Cep Ayi Fitriana, ST., MAP mengingatkan tak semua jenis tanah bisa menyerap air.

Termasuk intensitas kemampuan penyerapan airnya dipastikan beda, tergantung jenis tanah tersebut. Sehingga kini diperlukan upaya konkrit yang bisa memerlambat intensitas luncuran air itu.

Sedangkan upaya memerlambatnya, di antaranya menjaga dan memelihara kondisi ekologi juga masif menyelenggarakan penanaman ragam jenis vegetasi yang sesuai dengan habitatnya.

“Serta memiliki penguatan konservasi di antaranya dengan jenis tanaman keras,” imbuh Cep Ayi Fitriana.

Diserukan pula, agar pembuatan biopori hendaknya senantiasa dipelihara juga proses pembuatannya sesuai dengan petunjuk teknis, supaya membuahkan manfaat yang maksimal.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Senin ( 08/07 – 2019 ) dia katakan, program atau kegiatan pada Seksi Perencanaan Ruang 2019 ini memantapkan ‘Rencana Detail Tata Ruang’ (RDTR).

Sehingga sesuai dengan pedoman, serta tujuan penataan bagian wilayah perkotaan, agar RDTR yang berskala 1 berbanding 5.000 tersebut segera disyahkan menjadi ‘Peraturan Daerah’ (Perda).

Namun pembahasan tuntas Perda Tentang RDTL itu, diselenggarakan setelah adanya pengesahan Perda Tentang “Rencana Tata Ruang Wilayah” (RTRW) berskala 1 berbanding 50.000,  yang diharapkan pula bisa segera terwujud dalam waktu dekat ini, ujar Cep Ayi Fitriana.

 

******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here