Perbaikan Jalan/Jembatan/Irigasi Terdampak Bencana Garut Rp15 Miliar

by
Gun Gun Sukma Utama.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Kamis, 19/10 – 2017 ).

Gun Gun Sukma Utama.

****************  Proses perbaikan inprastuktur jalan, jembatan, serta irigasi terdampak banjir bandang pada puncak amuk Sungai Cimanuk, 20 September 2016 silam, berdasar perencanaan menelan dana Rp15 miliar yang bersumber BNPB/APBN 2017.

Selain bakal dilakukan pelebaran Jembatan Cikamiri, juga Jembatan Maktal, serta Jembatan Ampel di wilayah Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul.

Kemudian perbaikan jalan, dan irigasi. Sehingga kini segera kembali diselenggarakan kajian perencanaannya secara lebih mendetail, ungkap Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Bina Program Dinas “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” PUPR) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST.

Kata dia, di antaranya pada pembangunan Jembatan Ampel penghubung Panawuan di Kelurahan Sukajaya dengan Rancamaya, bakal diwujudkan dengan konstruksi komposit kelas B baja siku berbentang sepanjang 20 meter, dan selebar tujuh meter termasuk pada kiri dan kanan trotoarnya masing-masing selebar 0,5 meter.

“Jembatan berketinggian 11,5 meter terdiri 4,5 meter di antaranya kedalaman dua pondasi sumuran tersebut, menelan dana Rp2 miliar bersumber APBN/BPBD,”  ungkapnya pula yang segera dilakukan detail perencanaannya.

Bahu pada kedua ujung jembatan itu masing-masing sepanjang dua meter, sedangkan elektabilitas pemuaiannya menggunakan bantalan karet.

********