Perbaikan Jalan Ditargetkan Tuntas Sepekan Jelang Lebaran

0
21 views

Garut News ( Jum’at, 19/06 – 2015 ).

Foto : Hidayat.
Foto : Hidayat.

Jajaran Dinas Binamarga Kabupaten Garut menargetkan perbaikan jalan, termasuk pada wilayah perkotaan, juga lintasan jalur mudik dan balik bisa tuntas sepekan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Sehingga, diharapkan masyarakat pemudik tak terganggu kondisi infrastruktur jalan lantaran tuntas diperbaiki.

“Insya Allah perbaikan jalan kudu beres pada H-7 Lebaran,” ungkap Kadis Dinas Binamarga kabupaten setempat, Eded Komara Nugraha, Jum’at (19/06-2015).

Kabid Bina Teknik Dinas Binamarga, Jujun Juansyah Nurhakim katakan, pada 2015 hanya bisa menangani perbaikan jalan sepanjang 463,06 kilometer atawa sekitar 55,87 persen dari total lintasan ruas jalan sepanjang 828,76 kilometer.

Foto: John Doddy Hidayat.
Foto: John Doddy Hidayat.

Sebab besaran alokasi dana APBD 2015 diperoleh Binamarga sekitar Rp257 miliar, atau hanya sekitar delapan persen dari total nilai APBD.

Tercantum pada “Dokumen Pelaksanaan Anggaran” (DPA), anggaran perbaikan jalan tersebut, termasuk “Dana Alokasi Khusus” (DAK) sekitar Rp7 miliar.

Sebesar Rp5 miliar di antaranya bersumber dari Kementerian Dalam Negeri untuk penanganan sarana transportasi perdesaan, dan Rp2 miliar DAK tambahan dari Menteri Keuangan untuk penanganan jalan kabupaten.

“Anggaran itu juga termasuk pemenuhan kebutuhan administasi umum perkantoran, dan proses pembebasan tanah pada sejumlah lokasi,” kata Eded pula.

Kegiatan perbaikan jalan ini dibagi atas 70 paket pekerjaan bernilai lelang Rp135 miliar, dan enam paket lainnya senilai Rp70 miliar.

Terdapat juga paket pekerjaan penunjukkan langsung sekitar 400 paket. Termasuk di dalamnya paket pekerjaan berdasar aspirasi anggota legislatif bertotal nilai sekitar Rp70 miliar.

Ragam kegiatan pembangunan infrastruktur kini mulai dikerjakan. Mulai kegiatan tambal sulam, penguatan badan jalan dengan pembangunan “tembok penahan tebing” (TPT), hingga peningkatan jalan berkonstruksi betonisasi, maupun pelapisan aspal hotmiks.

*********

Noel, Jdh.