Perangkat Desa Garut Diikutsertakan Bintek Sistem Keuangan

0
112 views
Ilustrasi. Nuansa Alami di Lembah Kaki Gunungapi Guntur Garut.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 24/10 – 2017 ).

Ilustrasi. Nuansa Alami di Lembah Kaki Gunungapi Guntur Garut.

********* Diagendakan segera diselenggarakan “Bimbingan Teknis” (Bintek) Sistem Keuangan bagi perangkat desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, secara bertahap diawali dengan 165 desa masing-masing bendahara dan sekretaris desa diikutsertakan pada Bintek selama dua hari tersebut.

Herna. S

********* Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Bidang Pemerintahan Desa pada “Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa” (DPMPD) kabupaten setempat,  Herna Suwarya, Senin (23/10-2017), katakan melalui “Aplikasi Sistem Keuangan Desa” (SISKEUDES) bisa meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Lantaran selain dana desa, desa juga mengelola keuangan dari Pendapatan Asli Desa, dan Pendapatan Transfer lainnya berupa Alokasi Dana Desa (ADD); Bagian dari Hasil Pajak dan Retribusi Kabupaten/Kota; dan Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi/Kabupaten.

Sehingga diharapkan lebih mandiri mengelola pemerintahan dan pelbagai sumber daya alam dimiliki, termasuk pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa.

Begitu besar peran diterima desa, tentu disertai tanggung jawab besar pula. Karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Sedangkan terdapatnya alokasi dana desa, merupakan keniscayaan yang harus siap dengan penyerapannya, kemudian dikelola secara normatif berbasiskan regulasi.

Agar tak terulang kembali kasus yang mendera Kepala Desa Cigagade di Kecamatan Balubur Limbangan, terpaksa dibawa ke ranah hukum akibat sama sekali tak ada “progres” pada pencairan pertama dana desa.

Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa mengemukakan pula, tekadnya berupaya maksimal bersama-sama mewujudkan kemajuan, serta kesejahteraan masyarakat setiap seluruh desa di kabupatennya.

Total dana desa 40% untuk Kabupaten Garut mencapai Rp143.201.548.800. Pada setiap desa dari 421 desa di kabupaten tersebut menerima dana desa berkisar Rp320 juta hingga Rp360 juta.

Kata dia pula, pihaknya pun terus berupaya melakukan pembinaan sekaligus mendorong pelbagai pihak terkait agar turut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan bersumberkan dana desa di setiap daerah.

Bahkan kini berupaya pula, bisa diperolehnya dana pendamping untuk memerlancar realisasi penyerapan maupun pemanfaatan dana desa tersebut, imbuhnya.

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here