Pengguna Hak Pilih Diwajibkan Tunjukan KTP-el

0
67 views
Sekretaris KPU Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi, S.IP, M.Si.

Garut News ( Senin, 16/04 – 2018 ).

Sekretaris KPU Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi, S.IP, M.Si.

Setiap seluruh pengguna hak pilih di “Tempat Pemungutan Suara” (TPS) pada Pilkada Serentak (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, serta Bupati dan Wakil Bupati Garut) pada 27 Juni 2018  mendatang, mereka tak hanya memerlihatkan surat panggilan pemilih atau formulir model C6-KWK, melainkan juga diwajibkan menunjukkan “Kartu Tanda Penduduk” (KTP)-elektronik kepada petugas KPPS.

Sekretaris “Komisi Pemilihan Umum” (KPU) Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi katakan apabila pemilih tak bisa menunjukkan atau belum memiliki KTP-elektronik, maka yang bersangkutan mesti memerlihatkan kartu identitas kependudukan lainnya. Semisal SIM, atau ‘surat keterangan’ (suket) kependudukan dari “Dinas Kependudukan, dan Pencatatan Sipil” (Disdukcapil).

Mereka pun terdaftar dalam “Daftar Pemilih Tetap” (DPT), dan memberikan suaranya di TPS tempatnya terdaftar dalam DPT.

“Ketentuan ini sesuai Peraturan KPU Nomor 8/2018, Pasal 7 ayat (1) “Pemilih yang terdaftar dalam DPT sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf a memberikan suaranya di TPS tempat Pemilih terdaftar dalam DPT”, serta ayat (2) “Dalam memberikan suara di TPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan Kepada KPPS”,” imbuhnya, Ahad (14/04-2018).

Juga diingatkan, para calon pemilih belum memiliki KTP-elektronik atau Surat Keterangan dari Disdukcapil agar segera melakukan perekaman di kantor kecamatan supaya bisa menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni mendatang.

Dikemukakan, diwajibkannya pemilih menunjukkan kepemilikan identitas kependudukan pada saat pemungutan suara tersebut, bertujuan mencegah kemungkinan terdapat pemilih ganda, atau joki penggunaan hak suara, atau hal lainnya bisa mencederai kejujuran dalam Pilkada, dan menimbulkan beragam masalah, tandasnya.

*********

NZ/Fotografer : John  Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here