Penggembala Itik Garut Perlukan Bantuan Modal Usaha

0
49 views
Kehidupan Nomaden Penggembala Itik.

“Kehidupan Penggembala Itik Kerap Nomaden”

Garut News ( Senin, 01/01 – 2017 ).

Kehidupan Penggembala Itik Kerap Nomaden.

Penggembala itik di Kabupaten Garut, Jawa Barat, termasuk di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul sangat memerlukan bantuan modal usaha sekaligus pembinaan dari Pemkab setempat.

“Bantuan modal usaha, dan pembinaan berbisnis semakin mendesak diperlukan. Lantaran kian ketatnya persaingan,” ungkap Amin (45) di Panawuan, Senin (01/01-2017).

Acap Berpindah-pindah.

Dia mengaku hanya memiliki 24 ekor itik, yang setiap harinya bisa memproduksi 17 telur, padahal menggembalanya sama repotnya dengan memiliki ratusan itik.

Sehingga diharapkan Bupati beserta wakilnya bisa memberikan modal usaha, sekaligus melalui instansi di lingkungan Pemda Garut dapat melakukan pembinaan usaha, serta peningkatan kualitas produksi termasuk cara pengemasannya, imbuh Amin.

Nyaris Senasib Dengan Buruih Tani.

Dikatakan, menggembala itik bisa dilakukan dimana pun pada setiap lokasi persawahan yang baru dipanen.

Karena itu, tak hanya masih di wilayah Sukajaya melainkan pula hingga ke luar kecamatan, bahkan ke luar Kabupaten Garut.

“Bernasib nyaris serupa dengan buruh tani,” katanya.

Membiarkan Itik Bermandi.
Penggembala Itik Bersama Petani.

Amin juga mengaku pernah menggembala itik hingga ke Kabupaten Karawang, dan Cikampek secara berpindah-pindah dengan pola hidup yang kerap nomaden, ungkapnya.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.