Pengelolaan Klinik Kesehatan Jiwa Garut Mendesak Perlukan Regulasi

0
17 views
H. Ipin Saripin.

Garut News ( Senin, 26/11 – 2018 ).

H. Ipin Saripin.

Klinik Kesehatan Jiwa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang proses pembangunan fisiknya dijadwalkan bisa tuntas pada 20 Desember 2018 mendatang, mendesak segera memerlukan regulasi pengelolaan operasionalnya.

Diperlukan regulasi pengelolaan operasionalnya tersebut, selain mengatur “Standar Operasional Prosedure” (SOP) juga apakah di bawah naungan Poli Jiwa RSUD dr Slamet Garut, atau menjadi lembaga yang berdiri sendiri.

Selain itu memerlukan pula izin operasional,” ungkap Kepala Subag Perencanaan pada Dinas Kesehatan kabupaten setempat, H. Ipin Saripin, SP, SKM, M.Kes di ruang kerjanya, Senin ( 26/11 – 2018 ).

Kepada Garut News mengemukakan, dibangun di Desa Cimurah Karangpawitan berkapasitas ruang perawatan sepuluh pasien sejalan RPJMD Kabupaten Garut, khususnya pada pemerintahan Bupati Rudy Gunawan dan Wakilnya Helmi Budiman.

Dengan luas bangunan 400 m2, pada areal diperlukan termasuk pengembangannya ke depan seluas 2.000 an m2, bersumber dana dari pajak rokok (APBD) 2018 bertotal nilai sekitar Rp3,534 miliar.

Termasuk pengadaan alat kesehatan bernilai Rp900 juta, serta pemenuhan kebutuhan meubelair Rp634 juta.

Sedangkan bangunannya di desain khusus, minimal memiliki sepuluh tempat tidur rawat inap, dan sarana penunjang lainnya, termasuk ketersediaan sarana klinik rawat jalan.

Kesiapan lain yang diperlukan, di antaranya sumber daya manusia terlatih antara lain melalui kegiatan magang di Cisarua Bandung, staf managemen pengelolaan, dan administrasi.

Sehingga diharapkan bisa mulai beroperasional penuh pada awal, maupun pertengahan 2019 mendatang, imbuhnya.

Lokasinya mudah dijangkau sekitar seratusan meter dari lintasan Jalan Karangpawitan – Wanaraja, namun demikian khusus mengenai penertiban penderita gangguan jiwa di jalanan merupakan kewenangan institusi teknis terkait lainnya.

 

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here