Penertiban Ratusan PKL Pengkolan Sempat Lakukan Perlawanan

0
6 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 09/06 – 2016 ).

Sejumlah Pedagang Lakukan Perlawanan.
Sejumlah Pedagang Lakukan Perlawanan.

Upaya penertiban ratusan “Pedagang Kaki Lima” (PKL) pada sepanjang Jalan A. Yani atawa Pengkolan Garut, sempat terdapat perlawanan langsung terhadap Bupati Rudy Gunawan dari sejumlah kalangan PKL, Kamis (09/06-2016) pagi.

Namun aksi perlawanan yang nyaris menimbulkan anarkis tersebut, bisa segera dikendalikan aparat, bahkan beberapa pedagang yang terindikasi menjadi provokator juga langsung dapat diamankan.

Bupati Rudy Gunawan Langsung Berupaya Pindahkan Lapak PKL di Badan Jalan.
Bupati Rudy Gunawan Langsung Berupaya Pindahkan Lapak PKL di Badan Jalan.

Bupati antara lain bersama Kepala Satpo PP, Mlenik Maumeriadi serta segenap tim penertiban PKL, sebelumnya melakukan penyisiran sepanjang lintasan Jalan A. Yani maupun pusat kota tersebut.

Bupati langsung menyerukan, yang diperbolehkan berdagang hanya para pedagang tanpa media gerobak maupun lapak pada badan jalan.

Mereka bisa berdagang di pinggiran pertokoan menghadap pada lintasan jalan, sedangkan yang menggunakan gerobak maupun lapan pada badan jalan dipersilahkan membongkar sendiri atau dibongkar aparat.

Namun dipersilahkan masih bisa berdagang di seputar Pasar Baru, guna membersihkan dan menertibkan kawasan Pengkolan, yang segera mendapat penilaian untuk Adipura.

Bupati Antara Lain Bersama Kepala Satpo-PP Tertibkan Ratusan PKL di Pengkolan.
Bupati Antara Lain Bersama Kepala Satpo-PP Tertibkan Ratusan PKL di Pengkolan.

Bahkan Bupati juga menjanjikan memberikan bantuan sarana gerobak secara seragam khususnya bagi PKL yang selama ini terdaptar di garis merah.

Namun sejumlah pedagang yang melakukan perlawanan, sama sekali bersikeras tak mau dipindahkan maupun tak bersedia dibersihkan lokasi lapaknya pada operasi penertiban itu.

 

********