Penduduki Tiga Wilayah Kecamatan Keracunan Massal Makanan

Garut News ( Jum’at, 10/01 – 2014 ).

Usep Basuki Eko, Pantau Korban Keracunan. ( Foto: John Doddy Hidayat ).
Usep Basuki Eko, Pantau Korban Keracunan. ( Foto: John Doddy Hidayat ).

Penduduk dari tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, “diduga kuat” mengalami keracunan massal makanan pesta pernikahan.

Mereka dari Kecamatan Balubur Limbangan, Cibiuk, dan Kecamatan Malangbong, hingga Kamis malam (09/01-2014), korban terus bertambah hingga mencapai sekitar 60.

“Berdasar informasi Camat Balubur Limbangan, Malangbong, dan Cibiuk, jumlah korban keracunan massal ini mencapai sekitar 60 orang. Sedangkan pasien dirawat pada Puskesmas Limbangan berkoordinasi Forum Komunikasi Pimpinan kecamatan setempat,” ungkap Kabag Informatika, U Eko Basuki.

Kabid Pengendalian Penyakit pada Dinkes Garut, Tatang Wahyudin katakan melakukan sejumlah langkah terkait kasus tersebut.

Di antaranya menyiapkan fasilitas layanan kesehatan diperlukan pasien, serta tenaga medis, juga obat-obatan, katanya.

“Kita pun melakukan investigasi kasus, dan pengambilan sampel berkoordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” katanya pula.

Menyikapi penyebab dugaan keracunan dialami penduduk, Tatang katakan belum bisa memastikan lantaran kudu menunggu hasil pemeriksaan sampel makanan dari Laboratorium Kesehatan Daerah.

“Penyebabnya diketahui nanti setelah sampel makanan diperiksa di laboratorium. Yang jelas, biaya pengobatan, dan perawatan semua pasien ini ditanggung pemerintah daerah Garut,” ujarnya.

***** Zainul, JDH

Related posts