Penduduk Masih Kerap Membuang Sampah Sembarangan

0
29 views
Ilustrasi. TPA Sampah Pasir Bajing, Garut.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 03/.08 – 2016 ).

Ilustrasi. TPA Sampah Pasir Bajing, Garut.
Ilustrasi. TPA Sampah Pasir Bajing, Garut.

– Kepala Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan, Garut, Wawan sangat kecewa pada tumpukan sampah kembali memenuhi aliran kali irigasi Ciparay betulan jembatan Kampung Parabon. Padahal kondisi tersebut bisa berdampak banjir seperti yang kerap terjadi selama ini.

Kekecewaannya bertambah, lantaran berulang kali mengimbau masyarakat di arah hilir jangan membuang sampah ke kali. Pihaknya juga dibantu aparat TNI, Polri, dan masyarakat setempat beberapa kali membersihkan, dan mengangkut tumpukan sampah di kali itu secara gotong royong.

“Namun sampai sekarang ternyata masih banyak masyarakat membuang sampah ke kali. Menjengkelkan. Mengapa masyarakat ini enggak mengerti-mengerti?” keluhnya, Selasa (02/08-2016).

Seorang warga, Solihin (59) katakan, tumpukan sampah sekitar jembatan menghubungkan wilayah Kecamatan Garut Kota dengan Karangpawitan itu, merupakan pemandangan biasa sejak lama.

Tak heran jika di daerah ini, kerap dilanda banjir, dan timbul saling tuding antarwarga setempat. Rawan terjadi konflik antarwarga.

“Yang jelas, kesadaran warga soal sampah ini mesti ditingkatkan lagi,”┬áimbuhnya.

Ungkapoan senada dikemukakan warga lainnya, Safari (52). Kata dia, tumpukan sampah di aliran Irigasi Cimaragas tersebut, sangat mengganggu lingkungan. Selain aliran air terhambat dan bisa menimbulkan banjir, menjadi tempat berkembang biak nyamuk, udara pun terpolusi dengan bau sampah.

Sehingga sangat diharapkan, pihak terkait bisa segera membersihkan atawa mengangkut tumpukan sampah itu, dengan mengerahkan alat berat. Sebab terlalu berat jika dilakukan secara manual, imbuhnya.

********

( nz, jdh ).