Penduduk Kikisik Garut Makin Mendesak Perlukan Jembatan

0
59 views
Lurah Sukakarya.

“Berulangkali Diusulkan Namun Masih Belum Dibangun”

Garut News ( Ahad, 11/03 – 2018 ).

Lurah Sukakarya.

Sedikitnya 72 kepala keluarga atau sekitar 216 penduduk di lingkungan RW. 12 Kampung Kikisik Kelurahan Sukakarya Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, kini semakin mendesak memerlukan jembatan penghubung sepanjang 150 meter.

“Tak apa – apa meski hanya selebar 1,2 meter pun, yang penting bisa dijadikan alternatif sarana melintasi Sungai Cimanuk penghubung Kampung Kikisik ke Kampung Sukapadang,” ungkap Kepala Kelurahan setempat, Ude Suherman.

Seusai Pengajian Bulanan di Kampung Kikisik.

Daripada selama ini akses jalan lingkungannya harus melintasi Kelurahan Paminggir sejauh ratusan meter, melalui areal persawahan dan pemukiman padat penduduk yang banyak melintasi lokasi gelap gulita di malam hari.

Kepada Garut News saat menghadiri pengajian bulanan digelar MUI Kelurahan Sukakarya di kampung tersebut, Ahad (11/03-2018), Lurah Ude Suherman juga mengemukakan sudah empat kali penyelenggaraan Musrenbang diusulkan kepada Pemkab Garut.

Salah – Satu Rumah Tak Layak Huni di Kampung Kikisik.

Ternyata meski berulangkali diusulkan, namun hingga kini kebutuhan sangat mendesak masyarakat itu, masih belum dipenuhi.

Padahal kian sangat mendesak bisa segera terpenuhi terutama jika ada warga yang sakit di malam hari, maupun ibu – ibu yang berkondisi darurat hendak menjalani persalinan.

Pada perkampungan ini pun terdapat 39 rumah di antaranya yang dihuni 47 kepala keluarga, atau sekitar 141 penduduk korban terdampak bencana puncak amuk Sungai Cimanuk pada 20 September 2016 silam.

Penduduk Kampung Kikisik Pada Pengajian Bulanan.

Dari 47 kepala keluarga tersebut, hanya tiga kepala keluarga di antaranya yang telah direlokasi menempati hunia tetap di Lebak Jaya dan Gadok. Sedangkan sisanya diupayakan bisa direlokasi pada Juni atau Desember 2018, katanya.

Koordinator “Badan Keswadayaan Masyarakat” (BKM) Kelurahan Sukakarya, Maman Suryaman katakan bakal segera dibentuk Tim Penanggulangan Pacabencana Kelurahan Sukakarya.

Nanang Heru Masih Terpaksa Menempati Posyandu.

Di antaranya guna membahas aspirasi masyarakat korban bencana, apakah mereka mau direlokasi, atau tetap menempati lokasi semula namun kerusakan rumahnya direnovasi atau diperbaiki pemerintah.

Ungkapan senada dikemukakan pula oleh Ketua RW. 12 Sugianto, serta Ketua RT. 02 Nanang Heru.

Mendesak Dibangun Jembatan Penyeberangan Ke Kampung kikisik.

Di Kelurahan Sukakarya terdapat 12 RW, ada enam RW di antaranya banyak memiliki rumah berkondisi tidak layak huni, yang tersebar pada RW. 05, 06, 07, 09, 10, serta RW.12.

Sejak beberapa tahun terakhir sama sekali tak tersentuh pembangunan PNPM, maupun program pembangunan “Kotaku”.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.