Penduduk Kampung Panawuan Kini Menjadi Aset Nasional

0
337 views

Taufik Mahmud : Kejuaraan Dunia Pencak Silat Bisa Diraih Dengan Persiapan Selama Lima Tahun.

Garut News ( Selasa, 27/01 – 2015 ).

Dari Sinilah Mengantarkan Putra Terbaiknya Menjadi Juara Dunia.
Dari Sinilah Mengantarkan Putra Terbaiknya Menjadi Juara Dunia.

Meski Kampung Panawuan selama ini menjadi ibukota Kelurahan Sukajaya di Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.

Namun kondisi infrastrukturnya termasuk sarana jalan, nyaris berkondisi lebih parah dibandingkan di desa yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten setempat.

Padahal, selama ini penduduknya banyak meraih prestasi sangat membanggakan, antara lain memiliki “ASEAN Youth Center” (AYC), pusat informasi dan kegiatan anak-anak muda memasuki ASEAN Community 2015.

“Juga tiga penduduknya kini menjadi aset nasional”.

Cecep Rachmat.
Cecep Rachmat.

Lantaran kegiganya berhasil menjadi Juara Dunia, pada kejuaraan Word Championship ke-16 berlangsung 10-17 Januari 2015 di Phuket Thailand.

Mereka  Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, serta Anggi Faisal Mubarok, berhasil unggul pada Katagori Pencak Silat Beregu putra di ajang kejuaraan diikuti 400-an peserta dari 35 negara.

Pelatih juga Ketua Padepokan Pencak Silat “Putra Siliwangi” Taufik Mahmud Mahmud katakan, keberhasilan tersebut bisa diraih tidak dengan “ujug-ujug”.

Melainkan melalui proses panjang yang kerap melelahkan, berupa persiapan termasuk latihan sejak lima tahun terakhir.
Tentunya diawali dengan beragam kompetisi kecil-kecilan, kemudian bisa berhasil meraih kejuaraan pada Porkab, Porda juga pada Kejuraaan Nasional.
Keberhasilan, Proses Panjang Melelahkan, Produk Kerja Keras dan Kerja Cerdas.
Keberhasilan, Proses Panjang Melelahkan, Produk Kerja Keras dan Kerja Cerdas.

Sehingga diharapkan bisa positip menginspirasi atlet-atlet lainnya, kemenangan itu bisa diraih dengan proses panjang, dan kerja keras tanpa lelah.

“Sehingga keberhasilan ini, tak bisa diraih dengan cara yang ‘mendadak-sontak’,” ungkap Taufik Mahmud, salah satu putra tokoh Pesilat Garut, almarhum H. Mahmud, beralamat di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya, Tarogong Kidul, kepada Garut News, Selasa (27/01-2015).
Ungkapan senada dikemukakan  pula Ketua I “Ikatan Pencak Silat Indonesia” (IPSI) kabupaten setempat, Cecep Rachmat, S.IP, Selasa (27/01-2015).
Inilah Beragam Prestasi Berhasil Diraih Selama Ini.
Inilah Beragam Prestasi Berhasil Diraih Selama Ini.

Dikatakan, secara pribadi juga organisasi IPSI menyampaikan apresiasi positip dan “sangat bangga” atas prestasi spektakuler diraih ketiga pesilat Garut ini.

Lantaran, besar dan kecilnya lembaga IPSI, salah satunya ditentukan oleh eksistensi setiap seluruh Paguron.
Atawa dari perwujudan kreativitas, serta kegiatan Paguron menyelenggarakan program IPSI, dan kini ketiga atlet silat tersebut alhamullillah menjadi “aset nasional”, ungkap Cecep Rachmat.
Inilah Produk Kerja Keras, dan Kerja Cerdas.
Inilah Putra Terbaik Produk Kerja Keras, dan Kerja Cerdas.

Karena itu, sangat diharapkan prestasi ketiga pesilat beserta Parguron Putra Siliwangi bisa menjadi inspirasi, termasuk daya ungkit meningkatkan motivasi bagi setiap seluruh pesilat dari paguron lainnya.

Selain itu, terbentuknya SOPD baru di lingkungan Pemkab Garut, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga, juga diharapkan bisa lebih intens menyelenggarakan kualitas pembinaan.
Sekaligus, terjaminnya pemenuhan kebutuhan anggaran perkembangan olahraga, khususnya pencak silat, imbuh Cecep Rachmat, antara lain menyerukan.
********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.

SHARE
Previous articleBebas dari Reklame Rokok
Next articlePolisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here