Penduduk Cimurah Desak Pemkab Pecat Oknum Kades

0
37 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 03/05 – 2016 ).

Ilustrasi. Suasana Pilkades Serentak 2015.
Ilustrasi. Suasana Pilkades Serentak 2015.

Terdapat puluhan penduduk Desa Cimurah Karanggpawitan mendesak Pemkab Garut segera memberhentikan oknum “Kepala Desa” (Kades) Cimurah Ags dari jabatannya.

Lantaran terjadi dugaan skandal pemukulan dilakukan Ags terhadap Bendahara desa setempat, Enjang pada 17 Maret 2016 lalu hingga kini mereka nilai tak jelas penyelesaiannya. Meski korban Enjang juga sempat mencabut pelaporan kasus tersebut, sempat disampaikannya ke kepolisian.

“Kami meminta kasus pemukulan dilakukan kades terhadap Bendahara Desa ini diusut tuntas, dan agar kades dipecat dari jabatannya,” tandas Ketua “Badan Perwakilan Desa” (BPD) Cimurah Agus Siswono di sela aksi unjuk rasa warga di halaman kantor Kecamatan Karangpawitan, Selasa (03/05-2016).

Menurut dia, pemukulan dilakukan Kades Ags merupakan tindakan sewenang-wenang, dan tak laik dilakukan pejabat kades. Kasus itu semestinya diusut tuntas.

Terkait insiden pemukulan itu, korban Enjang membenarkan dirinya sempat dipukul Ags pada bagian pundak, dan ditendang pada bagian pinggul.

Dia pun berharap persoalan tersebut ditangani serius agar kasus serupa tak menimpa orang lain.

“Saya ingin memberi pelajaran pada Kepala Desa. Hal ini agar ada efek jera,” imbuhnya.

Namun Enjang tak menjelaskan penyebab terjadinya aksi pemukulan dilakukan Kades Ags terhadap dirinya itu.

Camat Karangawitan Rena Sudrajat katakan, persoalan ini sepenuhnya diserahkan kembali kepada BPD Cimurah sesuai kewenangan berdasar mekanisme, dan aturan berlaku.

“BPD harus menggelar persidangan BPD, dan melakukan klaririfikasi kepada kades terkait insiden itu. Jika semua pihak menerima hasil keputusan dalam persidangan BPD maka hal itu menjadi kekuatan hukum yang harus dihormati semua pihak. Begitu pula keputusan pemecatan kades, sepenuhnya kewenangan BPD,” ujar Camat.

*******

( Noel, Jdh ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here