Penduduk Cibatu Mendesak Segera Perlukan Pembangunan Terminal

0
65 views

Garut News ( Kamis, 17/09 – 2015 ).

Lintasan Cibatu - Balubur Limbangan.
Lintasan Cibatu – Balubur Limbangan.

Penduduk Kecamatan Cibatu, Garut dan sekitarnya sangat berharap daerahnya segera dibangun terminal agar memudahkan pelayanan transportasi angkutan penumpang umum.

Lantaran selama ini, titik lokasi pemberangkatan atawa pemberhentian angkutan penumpang umum melintasi wilayah Cibatu dinilai tak jelas. Setelah lahan bekas Terminal Cibatu dijadikan relokasi pasar darurat, menyusul kebakaran Pasar Cibatu 2005 lalu.

Sehingga menjadikan arus lalu lintas angkutan umum semrawut karena berbaur angkutan penumpang delman, dan kendaraan ojek roda dua.

Padahal sedikitnya ada tiga angkutan umum melintasi Cibatu, terdiri angkot jurusan Terminal Guntur-Cibatu, Terminal Guntur-Malangbong, dan Cibatu-Balubur Limbangan.

aa5“Selama ini menjadi terminal bayangan itu pada pertigaan dekat bekas pasar dan Terminal Cibatu lama karena di sana sebelumnya ada pasar darurat. Tetapi sekarang pasar daruratnya pindah,” ungkap pemuka masyarakat Cibatu, Enan(45), Kamis (17/09-2015).

Selain terminal, katanya, warga juga berharap Puskesmas Cibatu bisa diperluas atau ditingkatkan menjadi rumah sakit memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan wilayah Utara Garut.

Lantaran, kapasitas puskesmas dilengkapi dengan fasilitas rawat inap tersebut tak memadai lagi. Jumlah pasien datang dan dirawat melebihi kapasitas ruangan tersedia. Maka kerap pasien langsung dirujuk ke RSU dr Slamet jaraknya jauh.

Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Garut Didit Fajar Putradi katakan, Pemkab sebenarnya merencanakan membangun terminal di Parakan Telu Desa Cibunar dekat Pasar Cibatu. Namun pihaknya masih menunggu kebutuhan riil dinas terkait.

“Kami masih menunggu dinas terkait. Apa saja dibutuhkan dan kekurangan apa mengenai sarana prasarana terminal akan dibangun. Namun yang jelas, kami usulkan pembebasan lahan dan pembangunan terminal Cibatu 2016. Mudah-mudahan DPRD juga menyetujuinya,” katanya.

Kepala Dishub Wahyudijaya juga katakan, rencana pembangunan terminal di Cibatu belum bisa dilaksanakan sebab masih terdapat kekurangan, terutama menyangkut lahan dibutuhkan.

“Lahan terminal baru ada sekitar setengah hektare. Padahal dibutuhkan minimal sekitar satu hektare,” katanya pula.

Dikemukakan, terminal akan dibangun di Parakan Telu tersebut terminal tipe C sebagai titik simpul pelbagai moda kendaraan, berprioritas pelayanan kendaraan umum angkutan kota, dan angkutan pedesaan, kata dia.

*********

Noel, Jdh.