Pencahayaan Tepat Pengaruhi Prestasi Siswa

0
57 views

Garut News ( Senin, 13/06 – 2016 ).

Ilustrasi. (Oxfordlearning.com).
Ilustrasi. (Oxfordlearning.com).

– Tanpa disadari pencahayaan bisa ikut andil membuat orang-orang disuatu tempat menjadi lebih produktif.

April 2016 lalu sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Optics Express mengungkapkan jika pencahayaan yang tepat mampu meningkatkan performa siswa di kelas.

Riset yang dilakukan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology menemukan bahwa pencahayaan mampu mengoptimalkan berbagai aktivitas siswa mulai dari mengerjakan tes hingga membaca.

Caranya dengan menyesuaikan tingkat Correlated Color Temperature (CCT ) pada lampu.

CCT sendiri merupakan karakter warna yang muncul pada sumber cahaya, salah satunya adalah lampu.

CCT diukur dengan satuan kelvin. Tingkatan suhu mempengaruhi warna yang berbeda pula.

CCT rendah (dibawah 3500K) akan menghasilkan warna hangat atau putih kekuningan, CCT tinggi (lebih dari 5000K) warna yang dihasilkan putih kebiruan.

Dr. Hyeon-Jeong Suk, Peneliti dari Korea Advanced Institute of Science and Technology, melakukan riset dengan melibatkan dua kelas berisi 54 siswa yang sedang mengikuti tes matematika.

Diberitakan Huffington Post, Mei lalu, saat lampu di ubah pada setting 6500K, peneliti menemukan bahwa siswa lebih fokus dan memiliki nilai lebih tinggi. Ini menunjukkan kalau ternyata efek pencahayaan bisa langsung dirasakan oleh siapa saja.

Peneliti juga menyimpulkan efek dari tingkatan CCT 3500K (warm lighting) yang menghasilkan warna hangat dan putih kekuningan akan menimbulkan suasana yang rileks.

Sementara 5000K (standar lighting) yang menghasilkan warna putih kebiruan bisa digunakan untuk aktivitas membaca dan 6500 K (dynimic lighting) yang juga menghasilkan warna putih kebiruan akan mensuport performa siswa selama melakukan aktifitas akademik.

Meski penelitian baru sebatas pada dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan pengaplikasian metode ini bisa digunakan untuk keperluan di bidang lain.

********

Penulis : Kontributor Sains, Monika Novena
Editor : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here