Penataan Sayang Heulang Garut Perlu Terus Dibenahi

0
10 views
Awak Garut News di Pantai Sayang Heulang.

Garut News ( Sabtu, 14/07 – 2018 ).

Awak Garut News di Pantai Sayang Heulang.

Foto berita www.garutnews.com pada akhir pekan ini, Sabtu ( 14/07 – 2018 ), menampilkan kondisi penataan sekitar tiga kilometer lintasan bibir Pantai Sayang Heulang Garut, Jawa Barat, yang perlu terus – menerus dibenahi.

Lantaran sepanjang bentangan pasir putihnya selebar sekitar 50 meter, banyak terdapat lokasi yang langsung berhadapan dengan terumbu karang terjal, sehingga bisa membahayakan perenang.

Merenung.

Karena itu, destinasi wisata ini. Idealnya didominasi penyediaan sarana gazebo bambu berkearifan lokal setempat pada sepanjang pesisirnya.

Tower Pengawasan.

Agar wisatawan lebih banyak beristirahat dengan nyaman sekaligus menyaksikan hamparan laut lepas Samudera Hindia.

Sayang Heulang.

Upaya penataan yang dilakukan pun, hendaknya bisa menyentuh penyediaan beberapa sarana ibadah khususnya Masjid, maupun Mushola yang dilengkapi sarana air bersih, dan jamban yang memadai.

Masih Banyak yang “Idle”.

Juga mendesak diperlukan penyediaan wahana pembuangan sampah, khususnya pada setiap titik lokasi yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan.

 

Belum Maksimal Dimanfaatkan.

Di antaranya yang berdekatan dengan bongkahan lekukan karang, serta sepanjang garis pantai. 

Memancing Ikan.

Wisata pantai yang terletak Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk tersebut, memerlukan pula satuan tugas kepariwisataan guna menjamin keamanan pengunjung dari hempasan ombak lautan bebas.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.