Penanganan PKL Garut Tak Bisa Sekaligus Tuntas

0
28 views

Garut News ( Selasa, 17/03 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Kapasitas Gedung PKL berlantai tiga pada lahan bekas “Rumah Potong Hewan” (RPH) Pajagalan Guntur Garut Kota diperkirakan hanya bisa menampung 228 PKL

Padahal semula gencar dikabarkan bisa menampung hingga mencapai 500 PKL

Kepala Dinas Disperindag kabupaten setempat Eko Yulianto katakan, jika dipaksakan menampung 500 PKL, gedung tersebut tak nyaman dijadikan tempat berdagang.

“Kalau dipaksakan menampung 500 PKL, ukuran lapaknya sebesar apa? Belum selasarnya untuk pembeli. Itu kan tak manusiawi, ungkap Eko Yulianto, Senin (16/03-2015).

Sebelumnya Bupati Rudy Gunawan sempat “sesumbar” gedung seluas sekitar 1.560 meter persegi tersebut akan dapat menampung sekitar 600 PKL, dengan asumsi ukuran lapak sekitar 1,2 x 2,4 meter per PKL. Pembangunannya menelan dana APBD sekitar Rp2,263 miliar lebih.

Lantaran kapasitasnya terbatas, kata Eko, penempatan PKL di gedung tersebut menggunakan sistem undian.

Dikemukakan, di kawasan pusat kota Garut tercatat ada sekitar 851 PKL. Mereka diundi hingga muncul sebanyak 228 PKL yang berhak menempati gedung PKL itu, katanya.

Dia meyakini penempatan PKL di sana takkan menimbulkan kecemburuan sosial atau gejolak. Sebab PKL yang belum tertampung akan direlokasi ke gedung PKL tahap dua di eks lahan Dinas Perhubungan (Dishub) direncanakan dibangun tahun ini juga.

Meski demikian, gedung ini pun berkapasitas terbatas dan diperkirakan hanya bisa menampung sekitar 324 PKL.

Sehingga untuk penempatan PKL di gedung tersebut juga diundi.

Ini juga atas masukan dari PKL sendiri. Termasuk ukuran lapak, serta bantuan sarana dagangnya. Mereka belum tertampung di dua gedung itu nanti akan direlokasi juga.

Namun memang belum ada kepastian di mana lahan relokasinya, kata Eko.

Dikatakan terdapat beberapa lokasi menjadi alternatif relokasi PKL. Antara lain ruas Jalan Ciwalen mulai jembatan Sasak Beusi hingga Jalan Guntur, ruas Jalan Pasar Baru mulai rel via Garut Plasa, dan ruas Jalan Mandalagiri-Guntur.

Bisa juga di depan kanan kiri pusat perbelanjaan Garut Plasa Jalan Guntur, atau eks lahan kantor Disperindag di lingkungan komplek Islamic Center Jalan Pramuka.

Mendukung penataan kawasan Pengkolan terkait pemindahan para PKL, dia juga menyatakan pihaknya mengusulkan ke bupati dilakukan pengosongan ruas-ruas jalan tertentu dari para PKL.

Khusus Jalan Siliwangi boleh untuk PKL kuliner sore, kata Eko.

Pihak Disperindag, tutur Eko, bersiap mendaftarkan lelang pengadaan bantuan sarana dagang bagi 228 PKL yang akan menempati gedung PKL.

Namun dia tak menyebutkan jumlah pagu anggarannya.

Ya sekitar Rp200 jutaan lebih. Pokoknya April lelang beres, dan para PKL masuk gedung, kata dia.

*********

Noel, Jdh.