Pemerintah Harus Lebih Siap/Sigap Atasi Bencana

0
7 views
Ilustrasi. Korban Bencana.

Garut News ( Ahad, 30/09 – 2018 ).

Ilustrasi. Korban Bencana.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerukan segenap warga Muhammadiyah dan masyarakat luas menggalang dukungan dana, dan bantuan sebagai wujud kepedulian serta kesetiakawanan sosial meringankan beban saudara-saudara sebangsa sedang mengalami musibah dahsyat pada 28 September 2018 itu.

Muhammadiyah pun bersama seluruh jajaran, khususnya “Muhammadiyah Disaster Management Center” (MDMC) bersama para relawan kemanusiaan di bawah koordinasi “Lembaga Penanggulangan Bencana” (LPB) dan kerjasama dengan MPKU, LazisMu, termasuk “Aisyiyah, serta organisasi otonom lainnya juga Muhammadiyah setempat bergerak membantu para korban.
Masyarakat khususnya warga Muhammadiyah dihimbau bisa membantu, dan menyalurkan dana bantuan melalui LazisMu.
PP Muhammadiyah mengkritisi pula cara Pemerintah menyikapi bencana gempa bumi, dan tsunami di Palu dan Donggala dinilai lebih banyak memberikan pernyataan penjelasan ilmiah berlebihan seputar terjadinya bencana. Padahal semestinya lebih mengutamakan langkah-langkah penanganan, serta panduan bagi masyarakat.
Pemerintah juga diminta agar lebih siap, dan sigap menghadapi dan mengatasi bencana alam seringkali terjadi. Diperlukan peningkatan kuantias dan kapasitas penanggulangan bencana, termasuk penyediaan early warning system melibatkan pelbagai pihak serperti BMKG, BPBD, Basarnas, dan sebagainya.
“Alhamdulillah. Aksi solidaritas hari sinergi LazisMu Garut dengan pelbagai komunitas hari ini terkumpul sekitar Rp8.419.200,” ungkap Ketua LazisMu Garut Asep Muslim.
******
NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.