Pemeliharaan Damija Sembilan UPTD Tuntas 80 Persen

0
16 views

Garut News ( Rabu, 03/12 – 2014 ).

Yana Suryana.
Yana Suryana.

Proses kegiatan pemeliharaan “Daerah Milik Jalan” (Damija) termasuk normalisasi saluran pada kiri dan kanan lintasan ruas badan jalan. Serta pemeliharaan bahu jalan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kini tuntas 80 persen terselesaikan.

Kepala UPTD Bina Marga Garut Kota, Yana Suryana, Rabu (03/12-2014), katakan meski alokasi pendanaannya masih relatif minim namun pekerjaan bisa tuntas terselesaikan 80 persen.

Sedangkan sisanya 20 persen dipastikan terselesaikan sepanjang Desember 2014 ini, ungkapnya kepada Garut News.

Penyelesaian itu, juga sejalan instruksi Kepala Dinas Bina Marga Eded K. Nugraha di antaranya sangat memprioritaskan kegiatan pemeliharaan Damija  termasuk normalisasi saluran pada kiri dan kanan lintasan ruas badan jalan, Serta pemeliharaan bahu jalan.

Agar jika tiba musim penghujan tak terjadi banjir sekaligus tetap berfungsi maksimalnya sarana jasa jalan.

Pemeliharaan.
Pemeliharaan.

Yana Suryana juga mengemukakan kegiatan pemeliharaan termasuk pembersihan di antaranya diselenggarakan pada lintasan bahu jalan Garut – Karangpawitan sejauh 4 km, Karangpawitan – Wanaraja 4 km, Wanaraja – Cihuni satu kilometer, Garut – Cilandak 6 km, Ciparay – Cigodok juga sejauh 6 km.

Seluruhnya kini tuntas 80 persen selesai.

Pada wilayah UPTD Bina Marga Garut Kota terdapat sekitar 21 ruas jalan dengan panjang lintasan sekitar 16 km.

Yana Suryana serta Eded K. Nugraha sangat mengharapkan peran serta masyarakat ikut serta menjaga kebersihan, dan tak membuang sampah pada saluran kiri dan kanan ruas jalan.

Pengerjaan pemeliharaan Damija saat ini tuntas 80 persen, juga merata pada seluruh sembilan UPTD Bina Marga, lantaran kegiatan pengerjaannya dimulai sejak januari 2014.

Bahkan kerap kalangan PNS Bina Marga pada setiap seluruh UPTD tetap concern melakukan pengerjaan rutin, tanpa tambahan upah.

Sehingga pada 2015 mendatang, juga berupaya maksimal memanfaatkan penerapan dana pemeliharaan yang dialokasikannya, ungkap Yana Suryana, menambahkan.

********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.