Pembendungan Mata Air Sengsarakan Penduduk Kadungora Garut

by
Penduduk Protes Keras Pembendungan Mata Air.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 16/10 – 2017 ).

Penduduk Protes Keras Pembendungan Mata Air.

********** Sedikitnya 200 penduduk Desa Karangmulya, Rancasalak, dan Desa Mandalasari Kecamatan Kadungora merebak-marak mendatangi gedung DPRD Garut di Jalan Patriot, Senin (16/10-2017).

Mereka dengan sangat kesal memrotes keras dibendungnya sumber mata air Sinapeul, dan Cipondoh di Desa Lembang Leles. Padahal selama ini memasok kebutuhan air warga pada ketiga desa tersebut, dan sekitarnya.

Berunjukrasa Lantaran Disengsarakan.

********* Lantaran pembangunan penampungan air bersumber Sinapeul, dan Cipondoh yang mengalir melalui Sungai Ciharus itu, tak dialirkan ke penduduk melainkan disinyalir guna memasok kebutuhan air bagi pabrik sepatu olahraga PT Chang Shin di Leles. Terlihat dari pipanisasi dikerjakan berujung ke pabrik sepatu olahraga ini.

Akibatnya, warga terancam kian tak mendapatkan lagi pasokan air bersumber mata air Sinapeul, dan Cipondoh. Setelah sejak 2006, Pemkab setempat memberikan izin pengelolaan dan pengambilan air sumber mata air tersebut ke CV Mukti Karya, dan pada 2013, dipindahtangankan ke CV PAB Tirta Leles diduga kuat habis masa berlaku perizinannya.

Kini, terdapat kegiatan pembendungan sumber mata air Sinepul, dan Cipondoh diduga dilakukan perusahaan swasta lain berkaitan kepentingan PT Chang Shin.

Kondisi itu juga diperparah adanya rencana penutupan dan pemindahan jalan Desa Ciburial Kecamatan Leles, yang terhubung dengan ketiga desa di Kadungora itu.

“Kami minta keadilan. Pembendungan mata air ini sangat merugikan kami para petani. Sebelum dibendung pun, pasokan air ke daerah kami sering kekurangan,”¬†tandas Dayat (47) warga Desa Rancasalak.

Karena itu, dia berharap DPRD Garut memberikan teguran kepada pemerintah daerah agar tak memberikan rekomendasi pembangunan bendungan/penampungan air sumber mata air Sinapeul tersebut.

Ungkjapan senada lantang dikemukakan penduduk Desa Karangmulya Atep. “Sumber mata air Danau Sinapeul itu tak hanya sumber pengairan areal pertanian warga, melainkan juga sering digunakan memenuhi kebutuhan air minum warga,”¬†tegasnya.

Dikemukakan, selain tiga desa berbatasan Kecamatan Leles, terdapat pula sekitar 30 desa lainnya di Kecamatan Leles, dan Kadungora. Selama ini sangat mengandalkan pasokan air dari mata air Sinpeul memenuhi kebutuhan areal pertaniannya.

*********

(NZ).