Pembangunan Jembatan Ampel Dimulai Belum Berpapan Nama

0
55 views
Lurah Sukajaya Devi Z. Mutaqin, SIP (Bersepatu Booot, Tinjau Pembangunan Jembatan Ampel.

“Sulitkan Pengawasan Oleh Masyarakat”

Garut News ( Selasa, 03/04 – 2018 ).

Lurah Sukajaya Devi Z. Mutaqin, SIP (Bersepatu Booot, Tinjau Pembangunan Jembatan Ampel.

Meski pembangunan Jembatan Ampel penghubung Panawuan di Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul dengan Rancamaya, mulai dikerjakan. Namun hingga Selasa (03/04-2018) masih belum berpapan nama sehingga menyulitkan pengawasan oleh masyarakat.

Lantaran pengawasan dilakukan masyarakat dinilai lebih obyektif, sebab kini ada di antaranya masyarakat pun yang memahami teknis konstruksi, ungkap warga setempat termasuk M. Fadillah kepada Garut News, Selasa (03/04-2018).

Kemiringan Jalan yang Dilandaikan.

Pembangunan lintasan Jembatan tersebut, berkonstruksi komposit kelas B baja siku berbentang sepanjang 20 meter, dan selebar tujuh meter termasuk pada kiri dan kanan trotoarnya masing-masing selebar 0,5 meter.

“Jembatan berketinggian 11,5 meter terdiri 4,5 meter di antaranya kedalaman dua pondasi sumuran tersebut, menelan dana Rp2 miliar bersumber APBN/BPBD,” ungkap Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Bina Program Dinas “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” PUPR) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST.

Gun Gun Sukma Utama.
Gun Gun Sukma Utama.

Didesak  pertanyaan Garut News di ruang kerjanya, Selasa (25/04-2017), dia katakan bahu pada kedua ujung jembatan itu masing-masing sepanjang dua meter, sedangkan elektabilitas pemuaiannya menggunakan bantalan karet.

Para Pekerja Beristirahat Sejenak.

Sedangkan terdapat curamnya kemiringan lintasan jalan dari arah Panawuan menjelang Jembatan Ampel ini sekitar 40 derajat juga bakal dilandaikan hingga menjadi hanya berkemiringan sepuluh derajat, ungkapnya pula.

Menghimpun Energi.

Paket dilandaikannya kemiringan jalan ini pun diperkirakan mendapatkan alokasi pendanaannya Rp500 juta, sedangkan pengerjaan pembangunan jembatan serta jalan dikerjakan oleh perusahaan yang berbeda.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.