Pelantikan Kades di Tengah PPKM Level 3

0
52 views
Prosesi Pelantikan Dua Kades Terpilih (Kades Sukabakti, dan Cibunar) di Kecamatan Tarogong Kidul.
Prosesi Pelantikan Dua Kades Terpilih (Kades Sukabakti, dan Cibunar) di Kecamatan Tarogong Kidul.

“Rangkul dan Berdayakan SDM” 

Garutnews ( Senin, 28/07 – 2021 ).

Lantaran masih ‘pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat’ (PPKM) level 3, maka Bupati Rudy Gunawan melantik 214 kades terpilih hasil Pilkades Serentak Kabupaten Garut Tahap II Gelombang I, pada 8 Juni 2021 lalu secara virtual di Ruang Pamengkang Pendopo, Rabu (28/07-2021).

Kendati secara simbolis ada empat kades terpilih dilantik langsung di Ruang Pamengkang yakni Kepala Desa Rancabango Tarogong Kaler Gunardi, Kepala Desa Pakenjeng Pamulihan Sadam Sanjaya, Kepala Desa Tegalgede Pakenjeng Kartika Ernawati, dan Kepala Desa Purbayani Caringin Siti Julaeha.

Semula, ada 217 kades terpilih dalam Pilkades Serentak tersebut. Namun dua kades terpilih di antaranya meninggal dunia sebelum dilantik, dan satu kades urung terpilih sebab Pilkadesnya tertunda.

Kades Sukabakti Beserta Istri.

Karena itu, Bupati juga melantik dua pejabat pemerintah kecamatan selaku penjabat kades untuk dua desa kadesnya meninggal dunia, atas nama Dedi dari Desa Sirnagalih Bayongbong, dan atas nama Ateng Jajuli dari Desa Sakawayana Malangbong.

Beserta satu pejabat pemerintah kecamatan lain dilantik sebagai penjabat kades di desa tertunda pilkadesnya.

Kemudian, Bupati melantik pula pejabat Pemerintah Kecamatan sebagai satu penjabat kades hasil penggantian antarwaktu. Sehingga ada 218 kades dilantik hari ini.

Para kades terpilih diintruksikan melakukan konsolidasi dengan tokoh-tokoh masyarakat pada masing-masing desanya. Serta, meminta mereka selaku Ketua Satgas Covid-19 tingkat desa melakukan langkah-langkah tracing, vaksinasi, dan isolasi mandiri.

Kades Sukabakti, Wawan Gunawan.

“Rangkul dan Berdayakan SDM” 

Desa Sukabakti di Kecamatan Tarogong Kidul Garut, pada rentang waktu lima tahun mendatang antara lain memprioritaskan upaya peningkatan kualitas beragam potensi sumberdaya di seluruh wilayahnya.

Selain peningkatan pembangunan fisik berupa infrastruktur perdesaan yang selama ini mendesak segera bisa direalisasikan, juga upaya maksimal meningkatkan potensi lahan pertanian.

“Apalagi dengan dimilikinya 35 hektare kawasan ‘Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan’ (LP2B) di Blok Ampel yang tidak dapat dialihfungsikan,” ungkap Wawan Gunawan.

Jelang Pelantikan.

Sumberdaya ini, memerlukan upaya serius untuk dijaga, dipelihara, dipertahankan, bahkan jika memungkinkan diperluas dan didukung sarana irigasi teknis guna menunjang produktivitas padi sawah serta menunjang ketahanan pangan, imbuh pria 50 tahun yang terpilih menjadi Kepala Desa Sukabakti.

Dia berhasil meraih 1.007 suara mengungguli para pesaingnya pada pilkades serentak 217 desa pada 40 kecamatan kabupaten setempat, Selasa (08/06-2021), sehingga kini menjadi Kepala Desa Sukabakti. Meliputi enam RW dengan 23 RT pada wilayah sekitar 1.152 hektare berpenduduk 5.000 an orang.

Sedangkan prioritas lainnya, mengutamakan pendataan orangtua jompo, anak-anak yatim piatu, rehabilitasi rumah penduduk tak layak huni, menggairahkan profesi pertukangan, peningkatan kualitas kebersihan, pengadaan sarana pembuangan sampah, dan memerluas pemakaman umum termasuk lampu penerangannya.

Khidmat juga Kondusif.

Realisasi beragam program prioritas itu, senantiasa dengan merangkul dan memberdayakan sumber daya manusia dari seluruh komponen dan elemen masyarakat sehingga terwujud kebersamaan.

Agar keberhasilan yang diraih kepala desa sebelumnya bisa berlanjut dipertahankan, sekaligus berupaya maksimal berupaya dapat meningkatkan kualitasnya. Guna memenuhi harapan bersama.

Termasuk berupaya menggali potensi wisata di perdesaan, sebagai salahsatu penunjang peningkatan pendapatan maupun perekonomian masyarakat, yang tentunya senantiasa setiap seluruh upaya tersebut, senantiasa dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ilustrasi- Di Garut Ada ‘Roemah Heubeul’.

Demikian antara lain dikemukakan Kepala Desa Wawan Gunawan kepada Garutnews, di desanya.

******

Abisyamil, JDH/Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here