Pegawai LH Garut Terpaksa Setiap Hari Berdesakan

0
53 views
Gedung Dinas Disperindag Ini Kini Sudah Rata Dengan Tanah.

Garut News ( Sabtu, 17/03 – 2018 ).

Gedung Dinas Disperindag Ini Kini Sudah Rata Dengan Tanah.

Kalangan pegawai Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Garut, setiap hari kerja terpaksa berdesakan, lantaran mereka berkantor pada bangunan gedung kantor berkondisi sangat tak layak.

Selain kondisi bangunan cukup tua, juga kapasitasnya sangat tak memadai untuk menampung 150 personil. Sehingga bersuasana terasa sangat sumpek. Bahkan, halaman kantor pun relatif sempit.

Parkir kendaraan pegawai pun terpaksa pula menumpang pada lahan parkir pihak lain.

Kondisi tersebut, diperparah lokasi kantor di Jalan Pramuka Garut Kota berada dalam lingkungan pihak lain, tepatnya lingkungan Islamic Center (IC) Garut. Sehingga kegiatan perkantoran berlangsung tak lepas dari kebijakan pihak pengelola IC.

Bangunan kantor Bidang Kebersihan di sebelah kantor utama Dinas LH kini terpisahkan benteng tembok dibangun pihak IC Garut. Keberadaannya malahan terancam tak memiliki akses keluar masuk sebab satu-satunya akses jalan keluar masuk merupakan milik PT Bank Intan Jabar (BIJ).

Bank ini berencana mengembangkan luas bangunan kantornya dengan memakan habis lahan merupakan satu-satunya akses jalan menuju kantor Bidang Kebersihan itu.

“Masih untung mereka bisa diajak komunikasi, agar pengembangan bangunannya ditunda dulu. Kalau tidak, akses ke Bidang Kebersihan dari mana ? Kalaupun harus pindah, ke mana ? Sedangkan kantor dinas kita saja belum jelas, kapan mau dipindahkan ke tempat baru ? Padahal DED (Detail Engineering Design)-nya sudah ada sejak 2015 lalu,” ungkap Kepala Dinas LH Asep Suparman, Kamis (15/03-2018).

Selain itu, keberadaan kantor Dinas LH di dalam lingkungan IC kerap membuat kegiatan perkantoran terganggu. Terutama pada malam hari.

“Kalau malam, gerbang Islamic Center kan ditutup. Sedangkan kegiatan kantor sering juga berlangsung sampai malam,” ujarnya.

Karena itu, memaksimalkan kerja dan kinerja Dinas LH sekaligus mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat, Asep berharap segera ada kepastian mengenai perpindahan kantor Dinas LH dari lingkungan IC.

“Tanahnya ada di Kelurahan Sukagalih Tarogong Kidul. Hanya sampai sekarang, kita tak tahu, kapan dibangun kantor baru, agar bisa pindah ke sana ?” imbuhnya.

Padahal, kata dia, pihaknya juga mengusulkan agar dibangunkan pool khusus bagi armada kendaraan angkutan sampah dilengkapi bengkel untuk efektifitas pengawasan, dan pemeliharaan.

Kantor Dinas LH akan dipindahkan karena tergusur pembangunan megaproyek IC dilaksanakan sejak 2012 lalu. Lahan bekas kantor tersebut direncanakan dijadikan areal pertamanan, dan gedung perpustakaan.

Sama dengan Dinas LH, kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Kini Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral/Diperindag ESDM) Garut juga tergusur pembangunan IC. Namun kantor tersebut pada 2015 lalu dirubuhkan, dan diratakan dengan tanah untuk kemudian dijadikan areal perparkiran, dan lahan terbuka hijau.

Hingga kini pegawai Diperindag ESDM berkantor di bangunan eks Kantor Bersama Samsat Garut Jalan Terusan Merdeka Tarogong Kidul. Sebab rencana pembangunan kantor baru di daerah Sukagalih juga belum ada kepastian.

*******

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.