Pegawai Kecamatan Samarang Selenggarakan Gerakan Pungut Sampah

0
130 views

Garut News ( Sabtu, 14/02 – 2015 ).

Camat Samarang.
Camat Samarang.

Setiap seluruh pegawai Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, sejak dua pekan lalu hingga seterusnya, menyelenggarakan “Gerakan Pungut Sampah” setiap hari.

“Operasi kebersihan” (Opsih) tersebut, dilakukan siapa pun orangnya terutama pegawai di lingkungan kecamatan, berkewajiban kudu memungut sampah kemudian dibuang pada tempatnya.

Program yang dicanangkan secara intern itu, salah satu upaya nyata mewujudkan “keteladanan” guna memberi contoh baik pada masyarakat, ungkap Camat setempat, Drs Bambang Hapid, M.Si kepada Garut News di ruang kerjanya, Sabtu (14/02-2015).

Apalagi imbuhnya, kebersihan lingkungan ini mencerminkan kondisi sehat, bahkan bernilai filosofis kesucian.

Gencar Dilakukan Aksi Kebersihan.
Gencar Dilakukan Aksi Kebersihan.

Sehingga bisa mewujudkan keindahan, kenyamanan, serta menjadikan setiap pegawai lebih betah di tempat kerja, tandas Bambang Hapid.

Juga diingatkan, penerapan dan penegakkan disiplin pada setiap seluruh pegawai, benar-benar tak ada toleran bagi pegawai tak disiplin.

Selain itu pula terus melakukan pemantauan serta investigasi lapangan untuk mengetahui kemungkinan terdapatnya sarana penjualan minuman keras atawa beralkohol di wilayah Kecamatan Samarang.

Ruang Pelayanan Kantor Kecamatan Samarang.
Ruang Pelayanan Kantor Kecamatan Samarang.

Termasuk dilaksanakannya aksi kebersihan seputar Pasar Samarang, yang kini kondisinya lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Selain sejak tiga pekan lalu terdapat bak penampungan sampah, juga proses pengangkutannya ke TPA kini berlangsung lancar.

Ditargetkan pada tiga bulan mendatang, total terwujud suasana bersih dan tertib sebagaimana diharapkan bersama.

Dengan tetap melibatkan peran serta seluruh komponen dan elemen masyarakat, ungkap Camat.

Dikatakan, pada momentum peringatan hari jadi ke-202 Garut, juga masyarakat diharapkan ikut serta membangun, lantaran Garut bisa maju apabila terdapat keterlibatan masyarakat.

Masyarakat pun senantiasa diharapkan lebih merasa memiliki terhadap kabupaten ini.

Bersih dan Nyaman.
Bersih dan Nyaman.

Sedangkan gebyar semarak peringatan hari jadi Garut 2015 di wilayah Kecamatan Samarang, antara lain digelarnya jalan sehat bersama sejauh lima kilometer, dengan jumlah peserta berkisar dua ribu hingga tiga ribu penduduk.

Diselenggarakan pula kegiatan lomba kebersihan lingkungan.

Camat Bambang Hapid, menyatakan bangga pada 202 tahun usia Kabupaten Garut, menyusul selama ini setiap tahunnya terdapat pertumbuhan ekonomi, apalagi pada kepemimpinan Bupati Rudy Gunawan, yang berorientasi pada masyarakat.

Dalam pada itu, produk unggulan Samarang di antaranya jenis sayuran sosin bisa menghasilkan 150 ton per hari.

Maka setiap panen banyak menyerap tenaga kerja, termasuk tenaga kerja asal daerah lain, sehingga bisa berlangsung pertumbuhan serta pemerataan perekonomian masyarakat.

Meski demikian, pada rentang waktu empat tahun kecamatan pun sebagai SKPD, diharapkan bisa sesuai dengan harapan.

Antara lain diharapkan bisa terdapat lebih banyak diberikan kewenangan, agar lebih nyata menunjang percepatan kemajuan dan perkembangan pembangunan.

Pada wilayah seluas 2.707,494 hektare, berpenduduk 79.533 dengan 23.783 kepala keluarga (KK).

Mereka tersebar pada 13 desa, demikian Camat Samarang, Bambang Hapid, antara lain menambahkan.

*********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here