Pasokan Produk Lokal Bawang Merah Masih Minim

0
47 views
Akhmad Wahyudin.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 26/07 – 2016 ).

Akhmad Wahyudin.
Akhmad Wahyudin.

Dari sekitar satu ton bawang merah yang dibutuhkan konsumen Pasar Guntur Ciawitali Garut setiap harinya, selama ini pasokan produk lokalnya hanya bisa memenuhi sekitar 20 persen, sedangkan kekurangannya didatangkan dari Brebes Jawa Tengah. 

Kepala UPTD Pasar pada Disperindagpas Kabupaten Garut, H. Dayat, S.Sos didampingi Kepala Subag Tata Usaha Akhmad Wahyudin, SE katakan, kini pasokan dari Brebes tersebut berkurang drastis lantaran terkendala kondisi cuaca yang kerap tak menentu.

Sehingga harga komoditi itu menjadi melejit naik, dari semula Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang putih selama ini pula dipasok dari Bandung, juga harganya meningkat menjadi Rp30 ribu per kilogram, padahal semula bisa diperoleh dengan harga Rp25 ribu per kilogram, ungkapnya kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (26/07-2016).

Dikatakan Akhmad Wahyudin, justru daging ayam harganya menjadi Rp31 ribu per kilogram dari semula Rp34 ribu per kilogram, kemudian ikan mas Rp28 ribu per kilogram dari semula Rp25 ribu per kilogram, beras ketan hitam Rp28 ribu per kilogram dari semula Rp30 ribu per kilogram.

Selanjutnya harga grosir gula pasir mereda atawa bisa bertengger pada Rp14 ribu per kilogram, sedangkan pada tingkat eceran harganya Rp16 ribu per kilogram, ungkap Akhmad Wahyudin pula.

 

********