Pasar Garut Tak Dilengkapi Fasilitas Pompa Hidran

0
72 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Senin, 11/01 – 2016 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

– Setiap seluruh pasar di Kabupaten Garut, ternyata selama ini tak dilengkapi fasilitas pompa hidran. Padahal di kabupaten tersebut terdapat 15 pasar tradisional dikelola Pemkab setempat, serta 55 pasar desa.

Bahkan selain itu, juga diduga banyak bangunan pusat perbelanjaan, toko, dan perkantoran tidak menyediakan fasilitas antisipasi kebakaran itu.
Kalaupun terdapat pompa hidran pada seputar lokasi pasar, kebanyakan tak berfungsi. Seperti ditemukan di lingkungan Perumahan Bumi Cempaka Indah Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan.

Menurut pengurus RW 16 Blok 7 Perumahan Bumi Cempaka Indah Haerudin, di perumahan tempatnya tinggal terdapat pompa hidran. Namun setelah dicek warga, ternyata pompa tersebut sama sekali tak berfungsi. Saat dibongkar, pompa hidran hanya menggantung pada tanah tanpa ada saluran air sama sekali.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) kabupaten setempat, Wawan Sobarwan mengakui, banyak tempat di Garut tak dilengkapi pompa hidran.

Padahal menurutnya, fasilitas itu mesti tersedia di setiap pasar, pusat perbelanjaan, perumahan, perkantoran, dan tempat umum lainnya mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat, terutama kebakaran.

Dikemukakan, karena tak tersedia pompa hidran, selama ini pihaknya hanya mengandalkan air dari selokan, sumur, atau sumber lain di sekitar lokasi kebakaran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kecamatan Tarogong Kidul Dayat, membenarkan di kawasan Pasar Induk Pasar Guntur Ciawitali Garut tak terdapat pompa hidran.

“Kalau tak salah. Sekitar tujuh tahun lalu, di Pasar Guntur ini ada 5-6 buah pompa hidran. Tapi saat saya bertugas di sini, semuanya sudah tak berfungsi dan dibongkar. Sampai sekarang tak pernah ada pemasangan pompa hidran,” ungkapnya, Ahad (10/01-2016).

Dikatakan, tak mengetahui persis mengapa di lingkungan Pasar Guntur Ciawitali tak lagi dipasang pompa hidran. “Tapi kita akan pertimbangkan agar dipasang lagi,” katanya.

*******

(nz,jdh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here