Pasar Baru Cibatu Garut

0
467 views

Garut News ( 12/05 – 2015 ).

Ilustrasi, Kondisi Pasar Ciawitali Guntur Berkondisi Kian Sangat Tak Layak.(Foto: John Doddy Hidayat).
Ilustrasi, Kondisi Pasar Ciawitali Guntur Berkondisi Kian Sangat Tak Layak.(Foto: John Doddy Hidayat).

Komplek Pasar Cibatu ditargetkan menjadi Pasar Induk terbesar di Kabupaten Garut, khususnya di wilayah utara Garut, pada 2020 mendatang.

Sehingga, para pedagang diminta mengelola masing-masing kios dan losnya yang tertata representatif tetap terjaga dengan baik agar tetap memberikan kenyamanan, bagi pedagang maupun pengunjung pasar.
Demikian dikemukakan Direktur Utama PT TMP Putra Haryawan pada peresmian pasar tersebut, Senin (11/05-2015).

Namun tentu terwujudnya pasar induk itu perlu dukungan kuat dari Pemkab setempat, katanya.

Dikemukakan, terima kasih dan apresiasinya terhadap pedagang yang mau berhijrah dari bekas lokasi pasar lama ke kompleks bangunan baru Pasar Cibatu. Masing-masing pedagang membongkar kios darurat dan mengangkut barangnya sendiri.

Haryawan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab sehingga pembangunan Pasar Cibatu menelan sekitar Rp27 miliar ini, bisa rampung.

“Saking seriusnya dukungan diberikan Pemkab Garut, demi penyelesaikan pembangunan Pasar Cibatu ini pertemuan pun dilakukan sampai 20 kali. Ini kiranya layak masuk rekor MURI tingkat nasional dalam pembangunan pasar,” katanya pula.

Bupati Rudy Gunawan pun menyambut baik beroperasinya Pasar Cibatu selama sepuluh tahun didambakan para pedagang, dan masyarakat setelah kebakaran pada 28 Mei 2005 lalu.

Diingatkan para pedagang tak menunda memenuhi kewajiban pembayaran kios maupun losnya agar segera mendapatkan kepastian hukum menyangkut kepemilikan masing-masing kios.

Dikatakan, Pemkab akan menambah sejumlah fasilitas dengan membangun Terminal Cibatu tak jauh dari lokasi pasar.

“Saat ini Garut punya deposito sekitar Rp3,2 triliun dikelola Bank BJB. Hari ini kita punya deposito sekitar Rp200 miliar dengan giro lebih besar lagi. Semoga Bank BJB bisa memberikan kemudahan memberikan pelayanan pada masyarakat Pasar Cibatu,” kata dia.

Diakuinya, pembangunan Pasar Cibatu dicanangkan pada 2014 pada masa pemerintahan Bupati Agus Hamdani meneruskan Bupati Garut sebelumnya Aceng HM Fikri.

“Tahun depan kita juga membangun Pasar Wanaraja. Tahun depannya lagi Pasar Samarang dan Pasar Leles. Setelah itu, kita ada pembangunan monumental renovasi Pasar Guntur Ciawitali sekarang ini kondisinya tak nyaman lagi,” katanya.

Diharapkan berpindahnya ke lokasi baru, para pedagang memeroleh hasil usaha lebih baik dan halal dibandingkan di tempat sebelumnya, serta tak memberikan kesempatan bagi tumbuh berkembangnya rentenir, imbuhnya.

******

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here