Partai Garuda Tak Bisa Ikut Pileg Garut

0
31 views
Dadang Rukmana.

Garut News ( Rabu, 18/07 – 2018 ).

Dadang Rukmana.

Meski menembus sebagai peserta “Pemilu Legislatif” (Pileg)2019, tetapi Partai Garuda tak bisa ikut Pileg di Kabupaten Garut.

Lantaran dapat dipastikan hingga melintasi batas waktu masa penerimaan pendaftaran “bakal calon anggota legislatif” (bacaleg) ke KPU kabupaten setempat, Selasa (17/07-2018) sekitar pukul 24.00 WIB, tak satupun perwakilan partai tersebut datang mendaftarkan bacalegnya.

“Partai Garuda tak ikut pemilu di Garut. Tak ada yang nyalon (mencalonkan jadi anggota dewan). Ketuanya datang langsung ke KPU sekitar pukul 24.15 WIB, dan berterus terang menyerah tak ikut pemilu di Garut. Tak mampu, katanya,” ungkap Kasub Bagian Teknis KPU Dadang Rukmana, Rabu (18/07-2018).

Sehingga, kata dia, jumlah parpol yang ikut Pileg 2019 sebanyak 15. Berkaitan jumlah bacaleg dari 15 parpol itu akan bersaing memerebutkan 50 kursi DPRD Garut pada Pileg 2018.

Namun Dadang menolak menyebutkan. Alibinya, daftar bacaleg didaftarkan 15 parpol ke KPU Garut kemarin itu, masih belum direkapitulasi, dan diverifikasi.

Namun demikian, secara umum semua parpol mendaftarkan jumlah bacaleg seratus persen sesuai kuota di lima “daerah pemilihan” (Dapil) di kabupatennya.

“Jumlah kuota perempuan 30% juga rata-rata terpenuhi. Hanya ada satu – dua parpol yang jumlah bacalegnya minim,” ujarnya.

Pihak KPU Garut pun melakukan verifikasi berkas kelengkapan syarat bacaleg, serta memberikan ruang bagi parpol melakukan perbaikan dalam rentang waktu 22 hingga 31 Juli 2018.

********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here