Paket Kuliner Garut Bisa Dilengkapi Sajian Kopi

0
63 views
Diperlukan Komitmen Bersama.

Garut News ( Selasa, 26/06 – 2018 ).

Diperlukan Komitmen Bersama.

Ragam paket kuliner di Garut, Jawa Barat, bisa dilengkapi sajian minuman kopi sebagai pendukung industri kreatif, sehingga kalangan pengusahanya pun dapat berdaya.

Menyusul potensi serta prosfektif tanaman kopi di Kabupaten ini dinilai sangat luar biasa, lantaran didukung banyak kawasan dataran tinggi. Sehingga pengembangan komoditi tanaman kopi juga sebagai upaya konservasi.

Upaya Meminimalkan Konsumsi Kopi Seduh Kemasan.

Karena itu, pengembangan tanaman ini bisa dilakukan dengan pola inti dan plasma, ungkap Anggota DPR – RI Ferdiansyah, SE, MM ketika membuka Diskusi Kelompok Terpumpun Pentahelix Ekonomi Kreatif di Garut, Selasa (26/06 – 2018).

Ferdiansyah.

Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri pada “Badan Ekonomi Kreatif” (Bekraf), Hasan Abud juga antara lain detail mempresentasikan kebijakan ekonomi kreatif di bidang  kuliner.

Termasuk perancangan dan pelaksanaan program ekonomi kreatif di bidang tersebut, juga  pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan kebijakan dan program ekonomi kreatif.

Sedangkan pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner kopi, Daroe Handojo selain memaparkan ragam jenis kopi, proses pengolahan hingga tata kelola penyajiannya kepada kalangan konsumen.

Juga mengemukakan pelbagai formula memulai usaha, diperlukannya perencanaan yang terukur, serta manfaat bergabung dengan organisasi maupun komunitas yang juga sesuai dengan bidang usaha yang ditekuni.

Dikemukakan pula penentuan, dan tata kelola kalangan calon konsumen yang bakal dijaring.

Pada helatan yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut ini, digelar pula diskusi serta komitmen bersama pengembangan pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner kopi.

Sedangkan dari ratusan peserta diskusi, di antaranya terdapat pengusaha ragam jenis kuliner lainnya.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here