Padat Karya Diharapkan Serap 10.000 Tenaga kerja

0
14 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 05/01 – 2016 ).

Amir Sudrajat.
Amir Sudrajat.

Program pemberian kerja sementara melalui kegiatan padat karya di Kabupaten Garut 2016 ini.

Sangat diharapkan bisa menyerap 10.000 tenaga kerja.

Kepala Bidang Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans kabupaten setempat, Amir Sudrajat katakan,  sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pada bidangnya itu. Pihaknya mengusulkan alokasi dana APBD tahun anggaran ini bernilai Rp2 miliar.

Jika usulan tersebut seluruhnya dipenuhi, maka dipastikan kegiatan padat karya itu bisa menyerap 10.000 tenaga kerja, katanya kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (05/01-2016).

Salah Satu Produk Tenaga Kerja Mandiri.
Salah Satu Produk Tenaga Kerja Mandiri.

Sedangkan jenis kegiatannya, antara lain terdiri pengerasan jalan desa, pemberian fasilitasi pelatihan kewirausahaan, pelatihan siap pakai, program ketransmigrasian, serta tenaga kerja mandiri berupa pelatihan, pembinaan, dan pembentukan tenaga kerja mandiri, katanya pula.

Dikatakan, pada 2016 ini. Terdapat 130-an kepala keluarga yang masih menunggu bisa diberangkatkan bertransmigrasi ke luar Pulau Jawa, mereka hingga kini masih menunggu peluang.

Sedangkan pemberangkatan penduduk bertransmigrasi pada 2015 lalu, terdapat 20 kepala keluarga, masing-masing menempati “unit pemukiman transmigrasi” atawa UPT Sulawesi Tenggara, Buton Utara, Bengkulu, serta UPT Sumatera Selatan, kata Amir Sudrajat.

*******