Oknum PNS “Ngacir” Tertangkap Tangan Konsumsi Bakso

0
25 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 21/06 – 2016 ).

Razia Penjual Makanan Siang Hari.
Razia Penjual Makanan Siang Hari.

Pada razia terpadu penegakkan Kamtibmas Ramadlan 1437/2016, Senin (20/6/16), jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut membongkar sejumlah warung jajanan di kawasan pusat perkotaan, yang buka siang hari bolong.

Lantaran warung tersebut, dinilai menabrak imbauan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Ramadlan ditandatangani Kapolres Arief Budiman, serta Surat Edaran Seruan Bersama ditandatangani Bupati Rudy Gunawan dengan Ketua MUI KH Sirojul Munir, serta Kemenag Usep Saepudin.

Pada razia melibatkan puluhan anggota Polres itu, petugas memergoki sejumlah warga termasuk karyawan swasta, dan PNS makan di warung nasi, penjual mie bakso, dan tempat jajanan lain berkondisi tertutup.

Sejumlah oknum PNS tertangkap tangan jajan bakso ini, bahkan langsung kabur atawa “ngacir” menghindar sebelum petugas tiba di lokasi. Sedangkan beberapa ibu rumah tangga kepergok makan hanya tersenyum malu-malu ketika dihampiri petugas.

Setelah mendata dan memberikan peringatan, petugas pun membongkar terpal sejumlah warung makanan, juga roda tempat jualan dinilai melanggar. Di depan roda dagangan tersebut kemudian ditempelkan selebaran imbauan Kamtibmas Ramadlan sebagai peringatan.

“Razia ini diutamakan pada pedagang makanan siap saji pada siang hari melayani pembeli, dan dimakan di tempat itu juga, saat penduduk lain menunaikan ibadah puasa Ramadlan. Terpal tempatnya dagang dibongkar karena mereka tak menaati imbauan atau seruan Bupati dan Kapolres. Sehingga dilakukan razia sebagai tindakan persuasif agar mereka menyadari,” ungkap Kabid Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP, H. Mimin, didampingi Kabid Penegakan Perda dan Undang Undang Frederico.

Mimin katakan, para pedagang makanan sebenarnya diperbolehkan berjualan siang hari. Namun dibatasi menjelang buka puasa, mulai pukul 16.00 WIB.

“Mestinya pedagang juga sadar, Garut ini daerah agamis. Razia juga untuk menciptakan keharmonisan, kekhusuan umat beragama pada Puasa Ramadlan ini,” imbuhnya.

********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here