Nyaris Seluruh Komplek Perkantoran Bupati Dikepung Pedagang

by
Dikepung Para Pedagang.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 14/03 – 2017 ).

Dikepung Para Pedagang.
Dikepung Para Pedagang.

Inilah potret.  Nyaris seluruh komplek perkantoran Bupati Garut dikepung para pedagang ragam jenis makanan dan minuman ringan.

Mulai pada Lintasan Jalan Patriot hingga ruas Jalan Pahlawan.

Konsisi menjadi kian menyempitnya badan jalan, juga diperparah kerap banyaknya mobil dan sepeda motor yang diparkir pada pinggiran sepanjang kedua lintasan jalan tersebut.

Malahan ada pula diparkir di sela-sela gerobak setiap seluruh pedagang.

Menjadi Sarana Berjualan Ragam Jenis Kuliner.
Menjadi Sarana Berjualan Ragam Jenis Kuliner.

Acap pula terjadi kemacetan arus lalu lintas, lantaran setiap seluruh pedagang, masing-masing menggunakan roda dorong yang dikemas dengan kelengkapan kursi beserta auning plastik peneduh, yang mereka ditenggerkan pada badan jalan sepanjang trotoar.

Para pejalan kaki pun semakin sulit bisa nyaman melintasi trotoar yang tersedia, sehingga terpaksa meluber melewati badan jalan.

Keluar-masuk ragam jenis kendaraan dinas dari sejumlah SKPD, para pengguna jasa jalan dari masyarakat yang hendak memproses pelayanan pemerintah.

Dilintasi Ragam Jenis Kendaraan.
Dilintasi Ragam Jenis Kendaraan.

Serta banyaknya sepeda motor kalangan mahasiswa keluar masuk kampus, menjadikan nyaris sepanjang kedua lintasan jalan itu “semrawut”, maupun kerap padat merayap sepanjang waktu kerja setiap harinya.

Berdagang mencari rezeki yang halal dipastikan tak dilarang. Tetapi ketertiban, kenyamanan, kebersihan bahkan kewibawaan komplek perkantoran bupati, juga patut dipelihara dan dijaga.

Tak seperti selama ini, nyaris pula menyerupai kondisi semrawutnya para pedagang kaki lima di kawasan pusat Kota Garut dikenal dengan sebutan “Pengkolan”.

 

*********