Nenek 73 Tahun Belasan Kilometer Mencari Rumput

0
34 views
Ny. Anah, Nenek Tujuh Cucu, yang Kini Juga memiliki Satu Cicit.

Garut News ( Sabtu, 15/12 – 2018 ).

Ny. Anah, Nenek Tujuh Cucu, yang Kini Juga Memiliki Satu Cicit.

Foto berita Garut News pada akhir pekan, Sabtu ( 15/12 – 2018 ), memotret nuansa yang mewarnai kehidupan Ny. Anah. Ibu empat anak berusia 73 tahun tersebut, selama ini kerap menempuh jarak sejauh belasan kilometer untuk mencari rumput pemenuhan pakan sapi, serta domba.

Nenek tujuh cucu, dan sudah memiliki satu cicit itu, penduduk Margawati Garut, Jawa Barat, mengaku sejak muda – belia berprofesi sebagai pencari rumput yang kemudian berlanjut bersama suaminya setelah berumah tangga.

Bisa Penuhi Pakan Ternak Dari Daun Padi yang Tumbuh Setelah Dipanen.

“Alhamdullillah, dari pekerjaan mencari rumput. Selain bisa memenuhi pakan ternak miliknya juga bisa diperjualkan belikan kepada para pemilik ternak lainnya,” ungkap Ny. Anah.

Kepada Garut News saat mencari rumput di wilayah Jayawaras Tarogong Kidul, Sabtu (15/12-2018), yang bisa memenuhi Pakan Ternak Dari daun padi yang tumbuh setelah tuntas dipanen.

Ia katakan dengan ikhlas dan sabar menekuni jenis pekerjaan ini ternyata bisa memenuhi kebutuhan pokok hidup, membangun rumah, bahkan dapat menyekolahkan anak – anak.

Mengaku Sehat Lantaran Banyak Gerak.

Namun kini suaminya berusia lanjut di atas 80 tahun, sehingga tak bisa lagi bersama – sama mencari rumput.

“Abah sekarang banyak menghabiskan waktu di rumah, sambil memanfaatkan waktu luangnya dengan memberikan pakan ternaknya,” ungkap Ny. Anah pula.

Mengemas Pakan Ternak.

Ia katakan, selain harus bisa menyekolahkan anak – anak minimal hingga lulusan SLA. Juga sebaiknya mereka itu harus serba bisa melakukan pekerjaan halal apapun untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, imbuhnya antara lain menambahkan.

*******

Areal Persawahan Jayawaras Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here